Pengertian Asam Pantotenat (Vitamin B5)

Asam pantotenat atau vitamin B5 lebih dikenal dengan unsur dari vitamin B kompleks. Dimana memiliki manfaat untuk menjadi koenzim yang berperan dalam metabolisme dalam tubuh. Sehingga tubuh pun dapat beraktivitas dengan optimal dan seperti dalam keadaan normal. Vitamin B5 juga terdapat pada banyak makanan seperti daging, buah dan sayuran. Kekurangan atau kelebihan vitamin B5 sendiri juga dapat menimbulkan diri terkena penyakit. Artikel ini akan membahas apa itu pengertian asam pantotenat atau vitamin B5.

Pengertian Asam Pantotenat (Vitamin B5)

Vitamin B5 atau asam pantotenat adalah salah satu dari jenis vitamin B kompleks. Vitamin B5 larut dalam air. Di pasaran, vitamin B5 ini memiliki dua bentuk dimana satu dan lainnya memiliki perbedaan harga yaitu panthetine dan calcium panthotenate. Dimana calcium panthotenate memiliki harga yang lebih murah dibandingkan panthetine. Namun keduanya memiliki fungsi untuk tubuh yang sangat baik. Karakteristik dari vitamin B5 sendiri adalah vitamin B5 mudah sekali rusak oleh pemanasan yang terus menerus seperti memasak yang terlalu lama. Begitu juga dengan asam dan alkali. Karena cukup banyak vitamin B5 yang terdapat diberbagai sumber makanan menjadikan vitamin B5 ini cukup mudah untuk dipenuhi secara harian.

Manfaat Asam Pantotenat Dalam Tubuh

Manfaat utama asam pantotenat dalam tubuh adalah sebagai koenzim dimana membantu dalam proses asetilasi dan pelepasan energi pada tubuh dari molekul mikronutrien. Karena asam pantotenat sendiri ini yang membantu metabolisme lemak lalu protein serta karbohidrat. Dari metabolisme tersebut akan dihasilkan energi yang dapat digunakan untuk tubuh dalam menjalankan aktivitasnya. Vitamin B5 juga bermanfaat dalam mencegah tubuh dari kejang dan mati rasa. Lalu gangguan sakit kepala dan gangguan pencernaan pun dapat diatasi. Tanpa vitamin B5, tubuh akan mengalami lelah dan lemas. Lemak, protein dan karbohidrat tidak akan diproses dalam metabolisme secara optimal jika vitamin B5 tidak terpenuhi secara baik. Sehingga dibutuhkan asupan vitamin B5 atau asam pantotenat ini dengan dosis yang tepat setiap harinya.

Kebutuhan Harian Asam Pantotenat (Vitamin B5)

Kebutuhan harian asam pantotenat pada tubuh biasanya tak lebih dari 20 mcg perhari. Namun karena tidak ada suplemen khusus vitamin B5, yang ada biasanya ada adalah berupa vitamin B kompleks. Untuk asupan normal tetap bisa dikonsumsi sampai 50-100 mcg dalam suplemen vitamin. Namun bagaimana dengan asupan vitamin B5 secara alami? Secara alami vitamin B5 untuk anak-anak usia dibawah 5 tahun adalah 1-3 mcg. Untuk anak-anak usia 5 tahun sampai 14 tahun sebanyak 3-5 mcg vitamin B5. Untuk orang dewasa dosis vitamin B5 adalah 5-10 mcg. Bagaimana dengan dosis pada suplemen yang cukup tinggi? Disarankan pada dosis suplemen untuk tidak dikonsumsi secara terus menerus dikarenakan dosisnya yang tinggi. Cukup 2-3 kali dalam seminggu.

Akibat Kekurangan Asam Pantotenat

Defisiensi vitamin B5 ini tetap bisa terjadi. Pertama diakibatkan seseorang tidak mengkonsumsinya dengan cukup. Lalu kondisi kedua adalah dikarenakan memang adanya faktor genetik atau bawaan sejak lahir bahwa usus tidak mampu menyerap vitamin B5 secara maksimal. Untuk itu biasanya konsumsi vitamin B5 lebih dari dosis hariannya. Sedangkan saat kekurangan asam pantotenat ini, seseorang akan mengalami gejala seperti fatigue, timbulnya jerawat berlebihan, mengalami hambatan pertumbuhan, rambut rontok dan beruban, muntah dan kejang perut, mengalami insomnia atau sulit tidur, kesemutan dan kejang pada kaki, kejang otot, gangguan saluran pernafasan, serta hiploglikemia.

Sumber Alami Asam Pantotenat

Sumber alami asam pantotenat ini lebih banyak dikandung pada daging. Seperti daging ikan, daging ayam, daging sapi dan daging hati. Untuk sumber makanan lainnya seperti sayuran dan buah-buahan juga banyak mengandung vitamin B5. Seperti brokoli, asparagus, dan kubis. Kemudian untuk buahnya ada alpukat, dan buah pisang. Keuntungan dari mengkonsumsi sumber alami vitamin B5 yaitu ada kompleksivitas vitamin B5 dengan vitamin lain pendukungnya serta mineral sehingga tubuh tidak mengalami stress dengan mengkonsumsi banyak suplemen vitamin. Biasakan makan makanan bergizi untuk memuhi kebutuhan vitamin B5 Anda secara harian.

Setelah Anda mengenal pengertian dari vitamin B5, diharapkan pengetahuan ini akan menambah wawasan Anda. Untuk lebih menjaga diri dengan tetap terus mengkonsumsi sumber makanan bervitamin B5 sehari-hari. Mengenali dampak akibat kekurangan vitamin B5 juga mampu menjaga diri dari terserang penyakit. Bahkan bagi Anda yang bekerja dengan keras baik kerja di luar/lapangan atau di dalam/kantor, vitamin B5 mampu membuat karbohidrat Anda menjadi glukosa yang menciptakan energi baru. Sehingga tidak heran minuman berenergi pun lebih banyak mengandung vitamin B kompleks termasuk vitamin B5 dibandingkan vitamin lainnya dikarenakan manfaatnya yang mampu membuat seseorang bersemangat lagi setelah mengkonsumsinya.

Biasakan juga untuk mengajarkan anak Anda (jika Anda sudah punya anak) untuk makan makanan bergizi terutama yang banyak mengandung vitamin B kompleks. Karena vitamin B seperti manfaatnya diatas mampu untuk membuat pertumbuhan tubuh lebih optimal lagi. Sehingga anak Anda akan tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya sesuai umurnya. Jika Anda telah memahaminya berarti Anda memiliki kesempatan untuk dapat membuat anak Anda lebih sehat dan mencegahnya terserang dari berbagai macam penyakit.

Be the first to comment on "Pengertian Asam Pantotenat (Vitamin B5)"

Leave a comment