Pengertian Karbohidrat (Hidratarang)

Pengertian atau definisi karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi yang utama bagi manusia sehingga jenis nutrien ini juga dinamakan zat tenaga. Karbohidrat yang terdapat dalam makanan adalah pati, sukrosa, laktosa, dan fruktosa. Yang paling penting di antara jenis-jenis karbohidrat ini adalah pati polisakarida (starch) yang dicernakan oleh enzim emilase pankreas.

Hasil akhir penguraian karbohidrat adalah monosakarida, yaitu glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Metabolisme glukosa dikendalikan secara hormonal. Glukosa digunakan untuk menghasilkan energi, dan kelebihan glukosa akan diubah menjadi glikogen serta lemak yang kemudian disimpan.

Semua karbohidrat unsur-unsurnya  terdiri atas karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O) yang umumnya memiliki rumus kimia Cn(H2O)n. Rumus umum ini memberi kesan zat karbon yang diikat dengan air atau dihidrasi. Persamaan lain adalah bahwa ikatan-ikatan organik yang menyusun kelompok karbohidrat ini berbentuk polyalkohol.

Karbohidrat ini mencakup pati (starch) dan gula dalam berbagai bentuknya. Tanaman memiliki kemampuan untuk menghasilkan gula serta pati dari karbondioksida dalam udara dan air dari tanah. Manusia memperoleh karbohidrat dari sumber makanan nabatinya.

 

Jenis-jenis karbohidrat yang terdapat di dalam makanan hanya tiga jenis, yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Monosakarida dan disakarida terasa manis, sedangkan polisakarida tidak mempunyai rasa atau tawar.

Be the first to comment on "Pengertian Karbohidrat (Hidratarang)"

Leave a comment