Pengertian Vitamin dan Klasifikasinya


Pengertian atau definisi vitamin. Pada mulanya vitamin didefinisikan sebagai suatu zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil-kecil dan harus didatangkan dari luar karena tidak dapat disintesa di dalam tubuh. Namun kemudian diketahui bahwa ada banyak jenis vitamin dan diantaranya ada yang bisa disintesa di dalam tubuh seperti vitamin K. Olehnya itu untuk memahami lebih jauh tentang vitamin ini diperlukan klasifikasi jenis-jenis vitamin ini.

Pengertian Vitamin

Secara umum pengertian vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Walaupun vitamin memiliki banyak jenis akan tetapi secara umum vitamin bekerja dengan cara menggalakkan reaksi kimia tertentu dalam suatu proses metabolisme. Jika terjadi kekurangan vitamin, proses metabolisme dengan baik tidak akan berlangsung dan tubuh menjadi sakit.

Klasifikasi Vitamin

Berdasarkan kelarutannya, vitamin diklasifikasikan menjadi 2 yakni, vitamin yang larut di dalam air dan vitamin yang larut di dalam lemak.

Vitamin Larut Lemak

Vitamin yang larut di dalam lemak dalam takaran yang besar akan berbahaya bagi tubuh karena jenis vitamin ini tidak dapat diekskresikan keluar dan akan tersimpan di dalam tubuh. Adapun vitamin larut larut itu terdiri atas Vitamin A, D, E, dan K.

Vitamin A

Vitamin A dikenal luas memiliki manfaat besar untuk mata. Namun selain itu vitamin A memiliki banyak manfaat lainnya seperti berperan dalam perkembangan janin dan menghambat timbulnya kanker. Vitamin A ini  bisa didapatkan dari wortel, labu kuning, dan bayam.

Vitamin D

Vitamin D ini memiliki provitamin D di bawah kulit kita yang bisa berubah menjadi vitamin D ketika kita mendapatkan sinar matahari yang cukup terutama di pagi hari. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan penyakit antara lain osteoporosis, diabetes, parkinson dan alzheimer.

Vitamin E

Vitamin ini sangat dikenal oleh wanita karena memiliki manfaat yang penting untuk kulit. Vitamin ini berfungsi untuk menjaga kesegaran tubuh, keremajaan kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet. Vitamin E dapat diperoleh dari lobak, cabe rawit, tomat, telur, dan jagung.

Vitamin K

Kekurangan vitamin K bisa menyebabkan gusi berdarah, mudah memar, dan menstruasi berat. Vitamin ini bisa didapatkan diantaranya dari alpukat, anggur, blueberry, dan asparagus.

Vitamin Larut Air

Vitamin larut air dapat diekskresikan ke dalam urine sehingga takaran yang besar tidak membahayakan kesehatan. Akan tetapi jenis vitamin larut air biasanya lebih sering ditemui kasus kekurangan pada manusia. Adapun yang termasuk vitamin larut air ini adalah vitamin B Kompleks dan vitamin C.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks para umumnya memiliki fungsi untuk membantu proses pencernaan makanan. Vitamin ini memiliki banyak jenis dengan fungsi yang masing-masing berbeda dalam proses metabolisme. Yang termasuk jenis vitamin B adalah vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12, B15, B17.

Vitamin C

Vitamin C dikenal sebagai vitamin pemutih kulit. Vitamin ini bisa memutihkan kulit karena bisa menekan pembentukan pigmen pada kulit yang berupa bintik hitam halus akibat tersengat matahari. Vitamin ini juga berfungsi untuk mengencangkan kulit.

Demikian uraian singkat mengenai pengertian vitamin dan klasifikasi vitamin berdasarkan kelarutannya. Semoga bermanfaat.

More from Vitamin & Mineral
Back to Top