WIKIVITAMIN.COM

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin & mineral

Akibat Kekurangan Vitamin B1


Ternyata tubuh bisa juga kekurangan vitamin B1. Karena vitamin B1 ini larut dalam air. Jika larut dalam air kemungkinan tubuh untuk kekurangan vitamin B1 lebih besar. Seperti halnya saat tubuh kekurangan vitamin C, maka tubuh akan mudah terserang penyakit seperti sariawan pada bagian mulut. Begitu juga kekurangan vitamin B seperti vitamin B1. Apa saja penyakitnya yang bisa ditimbulkan akibat defisiensi vitamin B1? Seperti masalah pada syaraf, metabolisme, sistem jantung, otak, otot. Kemudian bisa menimbulkan mudah tersinggung, sulit berkonsentrasi, lemas, depresi, lesu, mual dan muntah. Untuk menghindari akibatnya tentu konsumsi vitamin B1 ini haruslah cukup terpenuhi. Untuk itu disini, pada artikel ini akan dibahas tentang akibat dari kekurangan vitamin B1.

Penyakit Beri-beri

Apakah penyakit beri-beri ini juga disebabkan kekurangan vitamin B1. Penyakit beri-beri ini ada 3 jenis.Yaitu beri-beri kering, basah dan jantung. Untuk beri-beri kering biasanya ditandai oleh kaki kesemutan kemudian menebal, otot mudah lelah. Pada fase yang lebih akut, penderita akan kehilangan daya berjalannya. Hingga berjalan seperti ayam. Bagian pernafasan sesak dan jantung mudah sekali berdebar padahal tidak bekerja dengan keras. Jika dibiarkan, penderita bisa meninggal dunia. Untuk beri-beri basah biasanya ditandai oleh pembengkakan pada hampir semua bagian tubuh. Jika pada bagian tubuh yang bengkak tersebut dipencet, bekas pencetan tersebut tidak mudah kembali dan terasa sakit. Untuk beri-beri jantung biasanya ditandai oleh tekanan sesak di ulu hati, sesak nafas dan jantung. Beri-beri jantung bisa membuat penderitanya meninggal dunia dalam waktu singkat.

Menyebabkan Sindrom Wernicke-Korsakoff

Apa itu sindrom wenicke-korsakoff? Adalah juga merupakan beri-beri otak. Tentu menyerang otak yang merupakanan kelainan neurologis. Salah satu fungsi thiamin adalah mengoptimalkan sel-sel otak agar dapat menghasilkan energi dari gula kemudian saat kadar thiamin dalam otak rendah, sel otak tidak mampu menghasilkan energi yang mencukupi untuk menjalankan fungsinya. Sindrom ini ditandai dari kebingungan akut dan amnesia pada penderitanya. Hal ini sering terjadi pada seseorang alkoholik yaitu pengkonsumsi minuman alkohol dalam jumlah besar. Alkohol inilah yang menyebabkan vitamin B1 sulit dipasok ke dalam otak sehingga mengakibatkan penyakit beri-beri otak. Gejala lebih jelas dari penyakit ini adalah ada 3 gejala yaitu Nystagmus, Ataksia, Opthalmoplegia.

Nystagmus sering ditandai dengan rasa pusing dan mual. Sedangkan untuk Ataksia adanya kerusakan pada saraf tulang belakang akibat sereberum yang terganggu. Akibatnya koordinasi sistem gerak tubuh terganggu dan kesimbangan tubuh pun terganggu. Opthalmoplegia adalah gejala yang timbul yang terjadi saat otak tidak lagi bekerja secara semestinya. Bahkan terjadi salah pengiriman informasi saraf pada organ bagian mata. Gejala ketiga diatas perlu diawasi. Jika hal tersebut terjadi segerakan untuk membawa ke dokter karena kekurangan vitamin B1 dalam tubuh bisa memburuk.

Gangguan Fungsi lambung

Kekurangan vitamin B1 ini juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan fungsi lambung dalam menyerap sari makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh. Jika kekurangan vitamin B1 ini berkelanjutan bisa menyebabkan bobot berat badan berkurang. Gangguan fungsi lambung ini terjadi biasanya seseorang tidak membiasakan diri untuk makan makanan bergizi seperti sayuran hijau seperti bayam dan buncis. Kurangnya mengkonsumsi buah juga menyebabkan kurangnya vitamin B1 dan menyebabkan fungsi lambung terganggu. Akibatnya rendahnya minat makan pada seseorang dan berat badan bisa menurun.

Gangguan Mental atau Emosi

Gangguan mental atau emosi bisa terjadi pada seseorang yang mengalami kekurangan vitamin B1. Mengapa bisa terjadi? Diketahui bahwa kekurangan vitamin B1 ini ternyata menyebabkan gangguan pada selaput syaraf. Kemudian penderita mengalami hilangnya ingatan dan bisa menyebabkan kepikunan (jika sudah parah) bahkan gangguan mental yang bisa lebih parah. Bahkan glukosa yang sehausnya dibutuhkan oleh otak yang dibawa oleh darah juga terhalang. Mengakibatkan kecepatan motorik, kekacauan mental, dan juga gangguan pada fungsi kognitif dan daya ingat. Bisa sampai separah ini tentu karena mengabaikan vitamin B1 yang seharusnya diasup oleh tubuh. Jangan menyepelekan vitamin yang seharusnya bisa masuk ke dalam tubuh anda.

Sembelit

 Sembelit yang terjadi bisa karena kekurangan vitamin B1. Gangguan pencernaan atau penyerapan gizi pada usus dapat mengakibatkan sembelit. Sembelit sendiri berarti gangguan dalam pengeluaran feses. Pada usus besar air diabsorbsi serta sisa makanan dibusukkan menjadi feses. Jika usus terganggu akibat kekurangan vitamin B1. Maka akibatnya pembentukan feses pun terganggu. Sehingga dalam keadaan normalnya manusia dimana buang air besar dilakukan sehari sekali. Tapi jika sembelit bisa 2-3 hari sekali baru bisa buang air besar. Inilah mengapa konsumsi buah, sayuran yang banyak mengandung vitamin B1 harus terus dikonsumsi.

Kegagalan Jantung

Kegagalan jantung bisa terjadi akibat kekurangan vitamin B1. Kardiovaskuler adalah salah satu penyakit akibat kekurangan vitamin B1 ini. Penyakit ini lebih kepada kinerja jantung yaitu pembuluh darah pada jantung. Karena kekurangan vitamin B1, jantung tidak dapat mempertahankan curah jantung yang tinggi dan terjadi kegagalan. Ditemukannya kegagalan jantung adanya pelebaran pembuluh vena, sesak nafas, dan diperlukan pengobatan dengan pemberian vitamin B1 pada pembuluh darah sebanyak lebih dari 10 kali dosis harian selama 2 harian. Bahkan juga ditambahkan konsumsi vitamin B1 seperti kapsul.

Untuk itu jagalah kesehatan diri anda dengan mengkonsumsi vitamin B1 yang tepat. Dengan demikian penyakit berat yang bisa menjangkit tubuh anda dapat tercegah.

More from Vitamin B1 - Thiamin
Back to Top