Vitamin

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin

Akibat Kelebihan Vitamin K

Pin It

Vitamin K dikenal sebagai vitamin yang membantu dalam pembentukan pembekuan darah. Vitamin K ini ada 3 jenis yaitu vitamin K1, K2, dan K3. Vitamin K memiliki sifat tahan panas, dan diserap diusus halus dengan bantuan empedu dan cairan pangkreas. Vitamin K3 adalah vitamin K sintetik. Tentu vitamin K3 inilah yang mengakibatkan seseorang bisa mengalami kelebihan vitamin K. Karena vitamin K1 yaitu filokion dihasilkan dari sayuran. Sedangkan vitamin K2 yaitu menakinon dihasilkan dari ikan dan daging. Pada artikel ini akan dibahas tentang akibat kelebihan vitamin K.

Penyebab Kelebihan Vitamin K

Penyebabnya sangat jelas bahwa pemberian vitamin K3 atau vitamin K sintetik. Asupan suplemen vitamin berlebihan bisa terjadi. Karena kita tidak akan pernah tahu akan akibat kelebihan vitamin K dengan suplemen. Bisa jadi anjuran tepat suplemen untuk konsumsi harian ternyata tubuh menyerapnya secara banyak namun tidak dioptimalkan secara tepat juga. Sehingga anjuran konsumsinya dalam harian malah mengakibatkan overdosis. Sebab kedua adalah karena mengkonsumsi makanan dengan kadar vitamin K paling tinggi secara terus menerus. Walaupun makanan itu sumber alami, namun tetap harus ada variasinya. Dengan artian, variasi makanan itu perlu untuk keseimbangan asupan vitamin anda. Yaitu seperti sumber makanan kacang. Sangat baik untuk dikonsumsi tapi jangan terlalu banyak.

Gejala Kelebihan Vitamin K

Gejala kelebihan vitamin K ini perlu diperhatikan. Kalaupun jarang terjadi, biasanya tentu karena asupan suplemen vitamin K ini berlebihan. Gejalanya bisa terjadi seperti, mual, muntah, anemia, diare, dan ruam kulit. Untuk itu jangan sampai mengkonsumsi berlebihan vitamin K dalam bentuk sintetiknya atau suplemennya. Makanan alami pun diharapkan tidak dikonsumsi secara harian adalah teh hijau. Karena kandungan vitamin E-nya mampu mencapai dosis 712 mikrogram/100 gram. Atau setara dengan 300-500 SI vitamin K yang dikandungnya. Sehingga cukup tinggi kadar vitamin K-nya bisa menjadi over dosis jika dikonsumsi.

Hemolisis Sel Darah Merah

Kelebihan vitamin K dapat menyebabkan hemolisis sel darah merah. Apa itu sendiri hemolisis? Hemolisis adalah pecahnya membran eritrosit, dan hemoglobin bebas ke dalam medium sekelilingnya. Akibat dari hemolisis sel darah merah tentu adalah anemia. Penyebabnya hemolisis ini ada dua, yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Biasanya pasien yang mengalami hemolisis ini terjadi meningkatnya LDH serum dan menurunnya haptoglobin. Spesifitasnya mencapai 90%. Sebenarnya hemolisis anemia ini sangat banyak sebabnya. Bisa dari obat-obatan, keracunan vitamin K, sampai kelainan hal lain seperti infeksi, masa kehamilan, dan autoimun.

Penyakit Kuning

Penyakit kuning disebabkan oleh adanya perubahan warna pada kulit, bagian bola mata (putih mata), kelenjar ludah, serta adanya peningkatan bilirubin pada tubuh manusia. Jadi semua bertolak pada bilirubin yang mengakibatkan penyakit ini terjadi. Biasanya menyerang pada bayi yang baru lahir. Tentu kelebihan vitamin K dapat memicunya juga. Tentu tanda utama adanya hemolisis pada sel darah merah. Pada bayi hal ini bisa terjadi. Walau adanya gangguan pembuangan bilirubin lebih banyak kasus yang mengakibatkan penyakit kuning ini.

Jika terjadi pada orang dewasa, penyakit kuning ini menjangkiti mereka yang sering meminum alkohol. Berlebihannya alkohol inilah yang dapat mengakibatkan peradangan dan kelainan pada hati. Sehingga pembuangan bilirubin terganggu. Penyakit kuning ini perlu dikontrol oleh dokter. Baik pasien yang menderita di usia bayi ataupun yang sudah dewasa. Tentu jika sebelumnya mengkonsumsi suplemen vitamin K berlebih, perlu dikurangi agar penyakit ini bisa diobati. Namun jika tidak karena kelebihan vitamin K, ada baiknya penanganan dokter lebih utama.

Kerusakan Pada Otak

Karena vitamin K ini larut dalam lemak, sehingga setiap vitamin K yang terkandung akan tersimpan di hati. Tentu kelebihan vitamin K mengakibatkan kinerja hati berlebih. Mengeluarkan bilirubin yang salah pada tempatnya. Mengakibatkan warna kulit dan mata berubah. Namun juga bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Pada normalnya sebanyak 40% vitamin K yang diserap akan dikeluarkan melalui empedu dan 20% melalui urin. Ternyata simpanan di hati vitamin K3 atau sintesa ini mencapai 90%. Itupun dari sumber makanan alami. Jika dibebani dengan konsumsi suplemen vitamin K yang tidak tepat, mengakibatkan racun pada hati akan menyebar melalui pembuluh darah. Jika sampai di otak bisa mengakibatkan kerusakan otak.

Kerusakan mata akibat penyakit kuning menandakan adanya juga kerusakan otak. Karena kerusakan mata sangat dekat kaitannya dengan kerusakan otak. Untuk itu penting segera memeriksakan diri ke dokter jika masalah pada penyakit kuning dan akibat lainnya diatas yang lebih ringan telah terjadi. Karena kerusakan otak merupakan masalah serius yang bisa dihadapi penderita kelebihan vitamin K ini.

Perlu diingat memang kelebihan vitamin K sangat jarang terjadi. Karena bilirubin merupakan zat warna untuk feses pada manusia. Jika tubuh sering mengalami buang air besar atau rutin maka tercegah dari kelebihan vitamin K. Namun sebaliknya kontrolah diri ke dokter, perubahan warna pada feses atau sulitnya buang air besar bisa menimbun vitamin K dalam tubuh. Ingat juga gejala yang telah disebutkan diatas untuk mencegah adanya kelebihan vitamin K yang tidak diketahui.

Pin It

↑ Back to Top