Pisang Sumber Asam Folat yang Baik

Pisang merupakan sumber dari banyak vitamin dan mineral esensial, termasuk asam folat. Asam folat yang ditemukan secara alami di dalam makanan disebut folat. Folat juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi berbagai variasi makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan daging tertentu. Konsultasikan ke ahli gizi terdaftar untuk mendapatkan daftar makanan yang banyak mengandung folat.

pisang mengandung asam folat

pisang mengandung asam folat yang baik untuk ibu hamil dan menyusui

Kandungan Nutrisi Pisang

Pisang bukanlah sumber yang kaya asam folat, akan tetapi pisang dipertimbangkan sebagai sumber yang baik. Satu pisang ukuran sedang mengandung 24 mcg folat, atau 6 persen dari angka kebutuhan harian. Mengkonsumsi lebih dari satu pisang perhari akan menjadi sumber folat yang signifikan. Lagipula, pisang merupakan sumber vitamin B, vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, potasium, dan mineral-mineral vital lainnya.

Fungsi Asam Folat

Asam folat adalah vitamin larut air yang harus didapatkan dari makanan. Vitamin ini bertanggungjawab untuk banyak fungsi pada tubuh, termasuk pembentukan sel darah merah dan DNA. Fungsi asam folat juga esensial untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan fungsi dari semua sel dan jaringan. Cukupilah asupan asam folat dan vitamin selama kehamilan untuk mencegah cacat lahir. Tanda-tanda dan gejala-gejala yang dihubungkan dengan defisiensi asam folat adalah anemia, lemas, palpitasi jantung, dan gangguan pencernaan.

Kebutuhan Harian Asam Folat yang Direkomendasikan

Orang dewasa membutuhkan 400 mcg asam folat perhari. Wanita hamil dan menyusui membutuhkan jumlah asam folat yang lebih banyak, rata-rata 500 – 600 mcg perhari. Anak-anak membutuhkan hanya 200 – 300 mcg perhari.

Pertimbangan untuk Diet Asam Folat

Ketika memilih pisang, pilihlah dengan hati-hati yang tidak terlihat rusak. Pisang dapat dinikmati sebagai makanan ringan, dan pisang juga dapat ditambahkan ke banyak variasi makanan yang berbeda, termasuk salad, sereal, roti, dan muffin. Tambahkan variasi ke dalam diet anda dan dapatkan asam folat dari berbagai sumber yang berbeda. Sumber kaya folat mencakup bayam, asparagus, buncis, hati sapi, dan sereal fortifikasi.

Pisang adalah buah yang mengandung asam folat yang baik dikonsumsi.