Vitamin

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin

Proses Pembentukan Vitamin D dalam Tubuh

Pin It

Proses pembentukan vitamin D dalam tubuh akan kami dibahas kali ini. Vitamin D tidak hanya dikonsumsi saja melalui susu dan ikan-ikan atau makanan lainnya. Vitamin butuh pembentukan lain dengan bantuan sinar matahari. Karena dalam tubuh sebenarnya telah ada provitamin D, sehingga hanya perlu proses pembentukannya saja untuk mendapatkan vitamin D. Sedangkan pada makanan hanyalah pelengkap saja. Tidak harus dipenuhi setiap hari juga tidak apa-apa.

Proses Sintesis Vitamin D

Sinar matahari memang baik untuk tubuh. Terutama untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D. Sinar matahari membawa berbagai macam sinar dan radiasi. Hanya saja warna putih cerah yang mampu ditangkap oleh mata. Jika dibiaskan melalui prisma saja bisa menjadi warna-warna pelangi. Oleh karena itu sinar matahari juga ada yang berjenis ultraviolet B. Ultraviolet B inilah yang akan diserap oleh kulit yang mengandung kolesterol. Kemudian kolesterol itulah yang mengandung provitamin D dan akan diubah menjadi vitamin D. Dengan cara memaparkan tubuh terkena sinar matahari selama 5 sampai 15 menit. Tentu ada resiko jika terpapar sinar matahari terlalu lama. Dan ada baiknya terpapar sinar matahari mengandung UV B ini sebelum jam 9 pagi khusus untuk pembentukan vitamin D pada tubuh.

Paparan Sinar Matahari yang Dibutuhkan

Paparan sinar matahari yang dibutuhkan tubuh jelas antara jam 6 pagi sampai jam 9 pagi. Itulah waktu yang tepat untuk proses olahraga. Jika tidak bisa dipagi hari, ada baiknya setelah jam 3 sore. Biasanya lebih dipilih oleh orang banyak adalah olah raga sore. Walaupun alternatif masih mendapatkan sinar matahari, namun kondisi udara sore cenderung kotor oleh asap kendaraaan bermotor. Kebutuhan paparan sinar matahari ini bisa di cukupkan sebanyak 4 kali seminggu dengan durasi sekitar 15 menit. Lebih tidak masalah asal tidak berlebihan berada di luar rumah. Baik mengenai warna kulit berperan dalam penyerapan paparan sinar matahari akan dibahas selanjutnya. Terpenting adalah untuk tetap menjaga dari sinar matahari terlalu lama namun tetap mempertahankan diri untuk terkena sinar matahari dalam proses pembentukan vitamin D dalam tubuh. Bagaimana dengan bayi yang baru lahir?

Untuk bayi yang baru lahir, biasanya di jemur di matahari pagi sebelum jam 9. Biasanya ini dilakukan oleh rumah sakit yang ada. Sehingga sunshine vitamin ini mampu memicu pembentukan vitamin D untuk tubuh. Fungsinya tentu sebagai proses penguatan tulang bagi anak-anak nantinya dan mencegah terjadinya masalah dengan tulang. Untuk itu bagi Anda yang memiliki anak, jangan larang bermain diluar rumah untuk terpapar sinar matahari. Namun cukup membatasinya saja.

Pengaruh Warna Kulit Terhadap Efektivitas Penyerapan UV-B

Sinar ultraviolet B mengandung panjang gelombang sepanjang 290 – 320 nanometer. UV B tentu lebih lemah dari UV A. Namun diyakini mampu memicu kanker kulit dan kulit terbakar. Namun memiliki keaktifan yang paling besar. Bahkan dengan penelitian warna pakaian saja, warna pakaian yang berwarna cerah menyerap sinar UV B paling rendah dibandingkan pakaian yang berwarna gelap. Bagaimana pengaruh warna kulit terhadap penyerapan UV-B? Seperti diketahui vitamin D memang dibentuk dari sel kulit yang terpapar sinar matahari. Namun sinar matahari pun juga memberikan dampak buruk bagi mereka yang terpapar terlalu lama. Sinar UV-B inilah yang bisa menyebabkan kulit rusak. Diketahui juga kulit mengandung pigmen melanin. Namun vitamin D tidaklah berkaitan dengan pigmen melanin kulit ini. Kulit yang gelap menandakan kulit mengandung banyak pigmen melanin berlaku juga sebaliknya. Pigmen inilah yang berfungsi sebagai penangkal sinar UV-B. Jika kulit orang asia berwarna terutama kecoklatan dan gelap, maka akan terhindar dari penyerapan sianr UV-B yang banyak. Untuk kulit yang lebih cerah disarankan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV-B. Penyerapan sinar UV-B ini tetap baik tapi tidak dalam jangka waktu yang lama. Apa hubungannya dengan vitamin D? Tentu orang asia berkulit gelap lebih lama berada di bawah sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D tidaklah masalah dibandingkan dengan mereka yang berkulit cerah. Sehingga disarankan untuk dapat menggunakan tabir surya bagi mereka yang berkulit cerah, agar sinar UV-B yang diserap dapat membantu proses pembentukan vitamin D tanpa merusak kulit tersebut akibat radiasi UV-B itu.

Sumber Vitamin D yang Lain

Sumber vitamin D yang lain ini juga membantu proses pembentukan vitamin D dalam tubuh. Kenapa bisa demikian? Karena sumber makanan ini biasanya telah dilakukan uji coba penelitan dan dibuatkan sumber makanan sintesis atau produk kalengan dan kemasan agar konsumsi vitamin D yang masuk ke dalam tubuh bisa terpenuhi. Seperti ikan kalengan yang sudah dibumbui. Atau susu kemasan dan bukan susu perahan. Karena sumber vitamin D yang berasal dari makanan alami sangat sedikit kandungan vitaminnya. Oleh karena itu kadang sumber vitamin lain seperti keju dan yogurt yang mengandung banyak vitamin D bisa membantu pemenuhan vitamin D anda selain dengan makanan alami lainnya seperti jamur dan daging ikan. Mengenal proses pembentukan vitamin D, penyerapannya melalui sintesa ultraviolet B. Kemudian warna kulit mempengaruhi proses penyerapan sinar UV B yang dibutuhkan dalam pembentukan vitamin D. Tentu bukan vitamin D yang melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet tadi, tapi pigmen melanin kulitlah yang melindungi kulit dari sinar UV saat terpapar.

Pin It

↑ Back to Top