Provitamin B5 (Panthenol): Manfaat Untuk Kulit dan Rambut


Provitamin B5 ternyata banyak manfaatnya bagi manusia. Salah satu manfaatnya adalah untuk kulit dan rambut. Mengetahui manfaatnya dapat untuk membuat kulit dan rambut menjadi lebih sehat dan lebih baik berarti akan banyak wanita menggunakannya untuk menyehatkan kulit dan rambut. Walau belum banyak digunakan dalam dunia bisnis kecantikan, tapi manfaatnya ini tentu akan mendatangkan banyak keuntungan di dunia medis kecantikan.

Apa Itu Provitamin B5?

Vitamin B5 memiliki fungsi sebagai pembantu dalam pembentukan energi tubuh serta mendorong kesehatan organ mata, hati, rambut dan juga kulit. Selain itu fungsinya juga sebagai pembantu dalam produksi sel darah merah, mendorong kebutuhan seksual, dan mengurangi stress dengan hormon. Sedangkan provitamin B5 adalah merupakan turunan dari vitamin B atau analog alkohol pada asam pantotenat. Dimana dalam organisme provitamin B5 dapat beroksidasi menjadi vitamin B5. Panthenol ini memiliki ciri yaitu cairan transparan dan memiliki kekentalan yang sangat kental pada suhu ruangan namun ada juga dalam bentuk bubuk putih yaitu garam dari asam pantotenat. Larut dalam berbagai cairan, air, propilen glikol, alkohol, eter lalu kloroform dan gliserin. Panthenol tersedia dalam dua enansiomer yaitu L dan D. Namun hanya D-panthenol yang secara biologis aktif. Keduanya memiliki sifat sebagai pelembab.

Penggunaan Provitamin B5 Dalam Berbagai Produk

Penggunaan provitamin B5 ini biasanya digunakan untuk produk kecantikan maupun produk perawatan rambut. Baik dalam perawatan tubuh, maupun rambut ini dikarenakan provitamin B5 dapat mengikat air lebih lama sehingga dapat digunakan sebagai pelembab atau agar rambut tidak lepek atau kering. Selain sebagai pelembab, sekarang provitamin B5 sebagai pelindung dan penyembuh kulit. Sehingga produk-produk kesehatan sekarang telah banyak mengandung provitamin B5.

Produk Perawatan Rambut

Pada produk perawatan rambut yang menggunakan panthenol ini, dimana provitamin B5 mampu meresap ke dalam batang rambut dan dapat melembabkan rambut lebih lama. Ini membuat bentuk rambut menjadi lebih berkilau dan mengembang. Lalu juga membantu dalam proses perbaikan rambut yang rusak. Kemudian dapat membantu Anda dalam menyisir rambut dalam keadaan basah sekalipun. Kekurangan asam folat yang terkandung pada vitamin B telah membuat rambut tidak berwarna hitam sebenarnya, karena karena rambut mengalami kekurangan asupan vitamin B5 pada rambut. Sehingga pertumbuhan rambut pun menurun dan menyebabkan kerontokan (selain juga rambut berwarna pudar). Gunakan produk perawatan rambut yang mengandung provitamin B5 untuk membuat rambut Anda lebih sehat dan indah.

Produk Perawatan Kulit

Produk perawatan kulit sekarang juga banyak mengandung vitamin B5 sekarang ini. Bahkan baik yang Anda beli pada produk kosmetik, perawatan kulit di klinik ataupun ke dokter. Provitamin B5 digunakan dalam produk perawatan kulit dikarenakan mampu menstabilkan metabolisme pada permukaan kulit, provitamin B5 yang dioleskan ke tubuh dapat menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam dan membantu proses pembentukan pigmen pada kulit. Inilah mengapa provitamin B5 mampu menjadi penjaga keseimbangan kelembapan alami kulit dan juga membuat kulit tampak lebih halus dan lembut.

Manfaat Bagi Kulit

Pada kulit, provitamin B5 bermanfaat untuk menjaga kelembapan alami kulit. Sangat cocok digunakan di iklim tropis seperti di Indonesia. Dimana saat aktivitas diluar ruangan dapat menyebabkan kulit terpapar sinar matahari dan membuat air pada kulit mengalami penguapan sehingga kulit menjadi kering. Secara formulanya, provitamin B5 ini bisa mencapai 2%. Dengan penggunaan oles pada kulit dapat membawa kulit mengalami resiko rendah mengalami iritasi dan sensitif.

Provitamin B5: Hidrator

Provitamin B5 untuk kulit bisa sebagai hidrator. Umunya produk provitamin B5 terkandung pada produk perawatan kulit seperti dexpanthenol, d-panthenol atau dl-panthenol. Karena produk tersebut efektif dalam pelembab pada kulit yaitu zat yang mampu mengikat kandungan air pada kulit dan mempertahankannya. Provitamin B5 inilah yang berfungsi sebagai penghalang air keluar dari kulit dan mengurangi jumlah air yang keluar dari kulit. Dengan produk yang mengandung provitamin B5 ini tidak hanya meningkatkan hidrasi pada kulit. Namun juga meningkatkan kelembutan dan elastisitas pada kulit. Sehingga mampu untuk mengobati kulit yang kering serta bersisik dan kasar.

Selain itu pada proses hidrasi, provitamin B5 mampu sebagai penenang, menyembuhkan dan melindungi kulit dan dapat mengurangi berbagai masalah kulit seperti: bekas luka dalam pada saat tidur, jerawat, luka kecil, ruam, eksim, gigitan serangga, sengatan sinar matahari, serta goresan kecil pada kulit. Fungsi yang sangat banyak dari hidrasi ini menyebabkan banyaknya penggunaan provitamin B5 pada produk-produk kecantikan. Selain juga seperti vitamin lainnya seperti vitamin C dan E yang juga membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat. Kemudian provitamin B5 sebagai penyembuh alami dan pelindung akan dibahas dibawah ini.

Provitamin B5: Penyembuh dan Pelindung

Selain sebagai hidrator, provitamin B5 juga berfungsi sebagai penyembuh alami kulit dan pelindung. Jika dioleskan pada kulit yang gatal, merah, dan sakit, provitamin B5 dapat mengatasinya. Kemudian saat kulit luka dan dioleskan oleh provitamin B5, maka provitamin B5 meregenerasikan jaringan kulit yang lebih elastis serta padat sehingga terciptanya kesembuhan alami. Iritasi kulit, peradangan pada kulit, dapat menyebabkan luka kulit dapat disembuhkan dengan olesan provitamin B5.

Back to Top