Sering Lupa? Mungkin Kurang Vitamin

Jika Anda sering lupa, bisa jadi Anda sering kekurangan vitamin tertentu. Sudah banyak fakta bahwa tubuh membutuhkan vitamin setiap harinya dalam takaran dosis yang telah ditetapkan. Namun banyak dari masyarakat Indonesia lebih mengenal kekurangan atau defisiensi vitamin sebagai tubuh sedang terkena penyakit. Padahal tubuh hanya mengalami kelainan fungsi karena vitamin yang diperlukan berkurang. Sehingga dibiarkan berlarut-larut hingga timbul penyakit yang serius karena tubuh kekurangan vitamin. Pembahasan artikel kali ini akan fokus pada penyakit lupa atau kebiasaan lupa yang mana dimungkinkan karena kekurangan vitamin. Walaupun tentu ada penyebab lainnya yang mempengaruhi faktor lupa, tapi akan kami tekankan pada masalah vitaminnya.

Faktor yang Mempengaruhi Daya Ingat

Banyak faktornya, dan Anda bisa mengeceknya sebagai berikut,

  • Tekanan Darah
  • Perjalanan
  • Kekurangan Vitamin
  • Menopause
  • Kemoterapi
  • Kehamilan
  • Gangguan Tiroid
  • Dan kebiasaan minum Alkohol

Seperti bagian pertama yaitu tekanan darah mempengaruhi daya ingat, terutama tekanan darah tinggi. Dikarenakan pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi, memiliki kelenturan pembuluh darah yang kurang, sehingga pasokan nutrisi dan oksigen ke otak dari tahun ke tahunnya akan berkurang. Kedua faktor perjalanan. Biasanya disebut Jet Lag, atau gangguan saat melintasi perbedaan waktu yang cukup jauh. Kondisi tubuh yang tidak fit, serta mengalami kebingungan karena jam tidak disadari telah mengalami penambahan atau pemunduran waktu. Ini berlangsung singkat, tapi dapat menyebabkan kelupaan untuk beberapa waktu. Ketiga tentu kekurangan vitamin. Vitamin apa yang harus dikonsumsi untuk memperbaiki daya ingat? Vitamin B12 adalah jawabannya. Vitamin B kompleks mampu menciptakan energi dalam tubuh serta berperan dalam fungsi saraf tubuh. Vitamin B12 atau kobalamin inilah yang mampu melindungi struktur saraf pada tubuh untuk tetap optimal meski usia terus bertambah tua.

Lalu Bagaimana Pemenuhan Vitamin Agar Tidak Lupa?

Untuk pemenuhan vitamin B12, Anda bisa mengkonsumsi sumber makanan alami ataupun dengan suplemen multivitamin. Vitamin B12 untuk sumber makanan alami, bisa Anda temui di telur, daging seperti daging ikan, unggas, dan kacang-kacangan olahan seperti tempe. Serta terdapat pada makanan olahan seperti pada susu. Inilah mengapa mengkonsumsi makanan tersebut sangat perlu menjaga fungsi saraf dan kinerja otak.

Kedua selain dengan mengkonsumsi vitamin yang dibutuhkan untuk mempertahankan daya ingat, Anda bisa melakukan kegiatan yang memacu daya ingat. Seperti bermain catur, mengisi teka-teki silang, kemudian membaca koran setiap hari. Mengurangi dari aktivitas yang tidak banyak membaca seperti menonton TV atau terlalu banyak menonton film. Olah raga juga bisa Anda lakukan untuk menyehatkan pikiran, menjadi lebih fresh serta dapat mengoptimalkan daya ingat. Berkunjung ke tempat-tempat baru atau sekedar melihat foto-foto Anda di usia yang sangat muda dulu.

Tidak lupa seringlah berkomunikasi dengan orang lain. Berbincang membuat Anda berpikir siapa lawan bicara Anda, apa yang akan dibicarakan, sampai Anda harus mengangkat topik apa dalam pembicaraan Anda. Ini terlihat sepele kan? Tapi manfaat yang akan Anda dapatkan akan besar sekali. Lalu perlu diingat juga bahwa konsumsi vitamin B12 tidak hanya melalui sumber makanan alami saja. Walaupun sumber makanan alami yang disebutkan diatas adalah makanan alami yang cenderung kita makan sehari-hari. Namun dengan pemenuhan multivitamin pun ada baiknya. Sehingga perlu Anda konsultasikan lagi ke dokter di kota Anda terutama ahli gizi untuk mendapatkan resep multivitamin yang baik, cocok, dan memiliki kadar vitamin B12 yang cukup untuk Anda.

Be the first to comment on "Sering Lupa? Mungkin Kurang Vitamin"

Leave a comment