Sumber Asam Folat (Vitamin B9)

Manfaat asam folat dan akibat kekurangan asam folat pun telah dibahas. Lalu untuk mencukupi kebutuhan asam folat, setidaknya Anda harus mengenal makanan apa saja yang merupakan sumber asam folat. Sumber makanan alami yang mengandung asam folat yaitu selada, bayam, asparagus, semangka, belewa, biji bunga matahari, jagung, hati dan kuning telur. Dari berbagai jenis sumber makanan tersebut, akan dijelaskan satu persatu pada artikel ini.

Sayur-sayuran

Sayuran yang mengandung asam folat antara lain, selada, bayam, asparagus. Asparagus adalah sayur yang cukup baik mengandung asam folat. Dengan satu cangkir asparagus saja sudah mengandung asam folat sebanyak 262 mcg atau menyumbang sekitar 65% kebutuhan harian asam folat. Asparagus biasanya diolah menjadi sup atau sayuran berkuah lainnya. Namun dalam masakan asli Indonesia, jarang sekali menggunakan asparagus sebagai bahan makanan. Kemudian sayur yang mengandung asam folat selain asparagus adalah bayam. Bayam merupakan sayuran yang cukup diminati di Indonesia. Bayam sendiri mengandung 263 mcg asam folat dalam takaran satu cangkirnya sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Selada pun demikian, dikarenakan merupakan tanaman berdaun gelap, maka juga banyak mengandung asam folat. Pada selada satu cangkirnya mengandung 76 mcg asam folat.

Jagung juga merupakan sayur yang populer dengan asam folatnya. Satu cangkir jagung yang telah diambil bijinya mengandung setidaknya 76 mcg asam folat. Namun ada juga sayur jagung kalengan yang juga tetap mengandung manfaat yaitu asam folat. Perlu dihindari untuk makanan kalengan mengandung vitamin dan lebih baik mengambil manfaat dari sayur jagung alami.

Buah-buahan

Buah pun juga mengandung asam folat. Lalu buah apa saja yang banyak mengandung asam folat? semangka dan belewa adalah salah satu dari sekian banyak buah yang mengandung asam folat. Semangka sendiri merupakan buah yang cukup banyak tumbuh di Indonesia. Selain mengandung asam folat, semangka juga buah yang banyak mengandung air, sehingga mampu mencegah dehidrasi. Lalu ada belewa yang juga mengandung asam folat. Belewa ini sejenis melon, namun daging buahnya berwarna kuning, sedangkan melon sendiri berwarwa putih daging buahnya. Buah belewa aslinya dari Amerika Utara, namun sekarang sudah ada jenis yang disilangkan dari Australia sehingga pemenuhan asam folat dari buah belewa pun bisa dimanfaatkan.

Biji-bijian

Biji-bijian juga mengandung asam folat. Salah satunya adalah biji bunga matahari. Biji bunga matahari dalam seperempat cangkir mengandung asam folat sebanyak 82 mcg. Biji bunga matahari masih dimanfaatkan sebagai cemilan atau jajanan. Belum ada makanan yang menggunakan biji bunga matahari sebagai bahannya. Selain biji bunga matahari, ada juga biji almond yang mengandung 46 mcg asam folat dalam satu cangkirnya. biji rami yang mengandung 54 mcg asam folat dalam 2 sendok makan. Lalu kacang tanah yang mengandung 88 mcg asam folat dalam seperempat cangkirnya. Bahkan dari beberapa biji-bijian tersebut bisa mencukupi asam folat sampai 300 mcg jika dipenuhi dalam satu cangkir atau lebih. Untuk itu jangan ambil sisi negatif dari banyak mengkonsumsi kacang-kacangan.

Kacang-kacangan

Kacang apa saja yang mengandung asam folat yang cukup banyak? Banyak sekali seperti kacang koro, kacang pinto, kacang garbanzo, kacang hitam, kacang biru tua, kacang kidney, kacang lima, kacang hijau, dan masih banyak lagi. Dari kacang-kacangan tersebut, kacang koro merupakan kacang yang mengandung banyak asam folat. Karena mengandung asam folat sebanyak 358 mcg dalam satu cangkirnya, lalu diikuti kacang pinto yang mengandung asam folat sebanyak 294 mcg dalam satu cangkirnya, dan kacang garbanzo yang mengandung asam folat sebanyak 282 mcg dalam satu cangkirnya. Sedangkan kacang yang paling sedikit mengandung asam folat adalah kacang hijau yaitu mengandung asam folat sebanyak 42 mcg dalam satu cangkirnya. Walaupun begitu, kacang koro dan kacang hijaulah yang paling banyak diminati di Indonesia.

Sumber Hewani

Sumber hewani yang paling banyak mengandung vitamin asam folat adalah daging hati dan kuning telur. Dari daging hati bisa didapati dengan konsumsi daging hati sapi, kambing, domba. Daging hati memang cenderung mahal daripada kuning telur. Kuning telur pun paling banyak merupakan dari kuning telur ayam. Bukan bebek (walaupun kandungan asam folatnya tetap ada). Pemenuhan sehari-hari asam folat dengan kuning telur terlihat praktis karena di sajian makanan apapun khas Indonesia, telur pasti tersaji.

Dari beberapa sumber makanan alami diatas, pastikan Anda telah mengkonsumsi secara rutin makanan sehat diatas. Jangan terlalu banyak di satu jenis makanan, misalnya sering makan daging, atau terlalu sering makan sayur. Harus diimbangi karena tubuh juga membutuhkan nutrisi dari berbagai jenis makanan diatas. Begitupun asam folat. Jika Anda sedang dalam program kehamilan, maka berbagai jenis asam folat diatas dimaksudkan agar dapat memenuhi kebutuhan kesehatan calon bayi Anda. Sehingga tumbuh kembang bayi Anda dalam kandungan bisa optimal. Begitu juga saat bayi Anda lahir nanti dapat terhindar dari berbagai jenis kecacatan fisik yang bisa dialaminya karena kekurangan vitamin B9 atau asam folat ini.

Be the first to comment on "Sumber Asam Folat (Vitamin B9)"

Leave a comment