Sumber Vitamin E


Sudah mengetahui manfaat dan fungsi vitamin E pada tubuh? Jika sudah, maka Anda perlu membaca artikel ini untuk mengetahui makanan atau sumber makanan apa saja yang mengandung vitamin E yang diperlukan oleh tubuh nantinya. Secara lebih detail akan dijelaskan sayur dan buah yang mengandung vitamin E yang bisa anda konsumsi secara harian.

Berkembangnya dunia medis dalam bidang suplemen dan vitamin sintesis di abad 20 ini menyebabkan banyak pemakaian vitamin sintesis (instan) yang dikonsumsi masyarakat. Kami dengan artikel ini mencoba menghadirkan beragam jenis makanan alami selain suplemen yang tentu lebih menyehatkan dan lebih aman untuk dikonsumsi.

Buah-buahan yang Mengandung Vitamin E

Apa saja buah yang mengandung vitamin E? buah tersebut seperti, alpukat, biji bunga matahari, tomat. Untuk konsumsi pemenuhan yang paling mudah memang memakan buah alpukat atau tomat sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin E Anda. Berapa harusnya konsumsi buah alpukat secara harian? Berapa banyaknya?

Diketahui buah alpukat itu mengandung vitamin E sebesar 3,4 mg/100 gr. Sedangkan konsumsi dalam darah yang dianjurkan adalah 10mg sampai 30 mg vitamin E dalam darah. Sehingga untuk pemenuhan konsumsi harian, anda bisa membeli buah alpukat dengan berat perbuahnya sebanyak 500 gr untuk mendapatkan 17 mg vitamin E. Atau jika ingin lebih rendah, anda bisa mengkonsumsinya sebanyak 300 mg buah alpukat dan mendapatkan 10,2 mg vitamin E yang dibutuhkan dalam darah.

Untuk pemenuhan konsumsi dengan buah tomat ternyata ada dua jenis. Yaitu pemanfaatan buah tomat segar dan buah tomat yang sudah menjadi bumbu. Diketahui konsumsi harian setelah di survey di Indonesia, ternyata ibu rumah tangga bisa mengkonsumsi buah tomat segar harian sebanyak 14,81% sedangkan untuk konsumsi bumbu bisa sebanyak 82,39%. Perlu diperhatikan karena konsumsi bumbu harian menggunakan tomat lebih banyak dibandingkan buah segar, maka lihatlah perbandingan buah tomat dalam komposisi bumbu. Usahakan memang mengandung takaran yang tepat untuk konsumsi harian agar tidak kekurangan vitamin E dalam tubuh.

Sayur-sayuran yang Mengandung Vitamin E

Sayur-sayuran yang bisa dimakan setiap hari juga banyak mengandung vitamin. Salah satunya vitamin E pada sayuran hijau. Sayuran pun tentu dikelompokkan menjadi dua. Yaitu sayuran dengan warna hijau muda dan hijau tua. Untuk sayuran yang mengandung vitamin E adalah sayuran yang memiliki warna hijau tua seperti pada bayam hijau. Sedangkan gabungan lengkap sejenis kol, brokoli, kubis, kembang kol akan sangat memunculkan manfaat dengan komponen fitokimia antikankernya. Kemudian anda juga dapat mengkonsumsi kacang-kacangan seperti  hazelnut, kacang polong memiliki fungsi fitosterol yang membantu dalam menurunkan resiko kanker, menurunkan kolesterol darah, serta meningkatkan imunitas.

Hazelnut atau walnut ini mengandung 2 jenis vitamin E. Yaitu alpha-tocopherol dan gamma-tocopherol yang kerjanya saling sinergi. Tentu untuk konsumsi di Indonesia kacang jenis walnut akan sangat sulit dicari. Kalaupun ada harganya bisa lebih mahal dari kacang polong biasa. Namun jika Anda ingin yang lebih sederhana, ubi jalar pun bisa melengkapi kebutuhan akan vitamin E yang Anda butuhkan ini setiap hari.

Contoh Makanan Lain yang Mengandung Vitamin E

Contoh makanan lain? Ya, makanan lain seperti makanan olahan juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin E anda. Salah satunya adalah nasi merah. Nasi merah merupakan olahan dari beras merah ini mengandung banyak vitamin. Terutama vitamin B secara kompleks, kemudian vitamin E, dan berbagai mineral lain seperti mineral selenium dan kalsium. Daging? Ya, salah satu daging yang mengandung vitamin E adalah daging merah. Daging merah ini termasuk daging sapi dan juga daging domba. Walau sebenarnya dalam daging merah atau daging sapi dan daging domba lebih banyak mengandung vitamin B12, vitamin B6, Zinc dan posfor. Namun juga memiliki kandungan vitamin E walau dalam jumlah yang sedikit.

Sereal juga sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin E harian anda. Karena sereal yang merupakan bahan olahan bisa membuat komposisi mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh menjadi lengkap. Kemudian dengan jelas Anda perlu membaca komposisi pada label kemasan sereal untuk mengetahui kadar vitamin E.

Apa ada lagi makanan lain yang mengandung vitamin E? Ada seperti teh. Tanaman teh ternyata dapat diolah menjadi minuman yang mengandung sejenis flavonoid. Yang mana jenis ini dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dari vitamin E dan membantu menurunkan berat badan. Tentu harus membakar kalori dan lemak tubuh dengan cara aktivitas olahraga rutin. Sehingga teh hijau ini dapat meningkatkan imunitas tubuh dari vitamin E ini.

Tentu yang paling sering dan mudah untuk dikonsumsi adalah vitamin E dalam bentuk sintesa suplemen. Suplemen vitamin E ini mudah didapatkan di apotek-apotek terdekat. Namun untuk lebih jelasnya, anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk pemilihan suplemen vitamin E yang lebih tepat. Karena merek suplemen vitamin E ini banyak macamnya.

Semoga artikel ini dapat menginformasi anda tentang sumber makanan bervitamin E lebih banyak dan lebih mendetail lagi. Budayakan hidup sehat dengan memenuhi konsumsi makanan bervitamin.

More from Vitamin E - Tokoferol
Back to Top