Sumber-sumber Karbohidrat (Hidratarang)

Sumber karbohidrat atau hidratarang. Sumber karbohidrat yang utama ada di dalam makanan yang berasal dari jenis tumbuh-tumbuhan dan hanya sedikit yang berasal dari bahan makanan jenis hewani. Di dalam tumbuhan, karbohidrat memiliki 2 fungsi yang utama yaitu sebagai tempat peyimpanan energi dan juga sebagai untuk menguatkan struktur tumbuhan itu sendiri. Yang merupakan sumber energi terutama terdapat dalam bentuk zat tepung (amylum) dan zat gula (mono dan disakarida). Timbunan zat tepung terdapat di dalam biji, akar dan batang. Gula terdapat di dalam daging buah atau di dalam cairan tumbuhan di dalam batang (tebu).

Sumber Karbohidrat dalam Bentuk Glukosa

Glukosa dibuat secara komersial dari pati (starch) dan ditemukan pada sebagian buah, terutama pada anggur.

Sumber Karbohidrat dalam Bentuk Fruktosa

Fruktosa ditemukan dalam madu dam buah-buahan. Kadang-kadang fruktosa disebut ‘gula buah’.

Sumber Karbohidrat dalam Bentuk Sukrosa

Sukrosa merupakan gula pasir yang biasa kita pakai. Bentuk gula ini diperoleh dari tanaman tebu serta bit, dan terdapat pula pada sebagian buah serta sayuran.

Sumber Karbohidrat dalam Bentuk Laktosa

Laktosa adalah gula yang ditemukan di dalam susu.

Sumber Karbohidrat dalam Bentuk Galaktosa

Galaktosa tidak terdapat secara alami tetapi dihasilkan melalui proses pencernaan laktosa.

Sumber Karbohidrat dalam Bentuk Maltosa

Maltosa ditemukan pada biji yang berkecambah dan terbentuk saat pembuatan bir.

Sumber Karbohidrat dalam Bentuk Starch (Pati)

Starch atau pati merupakan karbohidrat simpanan yang dihasilkan oleh tanaman. Dalam jumlah yang cukup besar, pati ini ditemukan pada semua jenis biji-bijian, buah-buahan mentah dan sayuran seperti kentang, kacang polong, buncis dan miju-miju (lentil)

Sumber Karbohidrat dalam Bentuk Glikogen

Hewan menyimpan karbohidrat dalam bentuk glikogen pada hati dan otot. Daging bukan makanan sumber karbohidrat karena glikogen akan rusak selama proses penggantungan daging.

Sumber Karbohidrat dalam Bentuk Selulosa

Selulosa merupakan komponen dinding sel tanaman. Bentuk hidratarang ini ditemukan dalam sereal, sayuran serta buah-buahan, dan umumnya dikenal sebagai serat (fiber) Bagi tubuh manusia, serat tidak tersedia sebagai makanan karena sekresi pencernaan pada manusia tidak mampu memecahkan serat. Namun serat tetap merupakan unsur penting dalam diet karena menambah massa ke dalam isi usus, merangsang gerakan peristaltik usus dan membantu pengeluaran faeses.

Pada hewan herbivora, selulosa dapat menjadi makanan karena adanya bakteri tertentu dalam usus hewan tersebut yang mengubah selulosa menjadi zat-zat yang dapat diserap dan dimanfaatkan tubuhnya.

Singkatnya, karbohidrat nabati di dalam makanan manusia terutama berasal dari timbunan, yaitu biji, batang dan akar. Dan karbohidrat hewani berbentuk glikogen, terutama terdapat di dalam otot (daging) dan hati.

Be the first to comment on "Sumber-sumber Karbohidrat (Hidratarang)"

Leave a comment