Sumber Vitamin B12


Sumber vitamin B12 bisa ditemukan di beberapa sumber makanan alami. Sumber makanan alami yang mengandung vitamin B12 terbaik berasal dari hewani. Seperti ikan kakap, hati anak sapi, daging rusa, udang, kerang, dan salmon. Namun tidak hanya berada pada sumber makanan hewani saja. Pada makanan nabati atau sayur-sayuran pun juga mengandung vitamin B12 ini. Seperti rumput laut ganggang hijau biru, ragi, tempe, dan tahu.

Apa Itu Vitamin B12

Apa itu vitamin B12? Vitamin B12 disebut juga kobalamin. Yaitu vitamin yang memegang peran dalam menstabilkan sistem pada saraf dan otak. Vitamin ini larut dalam air. Serta membantu dalam proses pembentukan sel darah merah. Vitamin B12 merupakan salah satu dari jenis vitamin B kompleks. Vitamin B12 juga berperan dalam fungsi metabolisme sel di tubuh manusia yang berkaitan langsung dengan sintesa DNA dan RNA. Namun juga berperan dalam mensintesa asam lemak menjadi energi. Bahkan vitamin B12 termasuk vitamin yang cukup kompleks untuk dapat diproduksi menjadi suplemen vitamin B12.

Manfaat Vitamin B12

Apa saja manfaat vitamin B12? Manfaat vitamin B12 sebagai berikut yaitu, mengubah karbohidrat menjadi glukosa dalam tubuh. Sehingga dapat memproduksi energi dan mencegah kelelahan tubuh. Manfaat lainnya yaitu membantu keseimbangan sistem saraf, mengurangi depresi, mengurangi stress, dan otak yang rusak. Kemudian bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan, menyehatkan kulit, dan melindungi diri dari kanker yang bisa menyerang tubuh.

Sumber-sumber Vitamin B12 Terbaik (Hewani)

Sumber vitamin B12 terbaik hanya terdapat pada sumber hewani. Dari penelitian, dengan kadar berat sumber hewani dan sumber nabati, sumber hewani lebih banyak mengandung vitamin B12. Untuk itulah memakan makanan sumber hewani lebih diutamakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 Anda. Sumber hewani antara lain, ikan kakap, hati anak sapi, daging rusa, udang, kerang, salmon.

Ikan Kakap

Ikan kakap mengandung vitamin B12? Iya, tepatnya demikian. Karena kakap sangat baik dalam pemenuhan vitamin B12 beserta selenium. Selain itu ikan kakap juga berperan mencegah penyakit jantung. Karena dapat menurunkan zat homosistein. Ikan kakap 4 ons saja sudah dapat memenuhi kebutuhan 66% vitamin B12 harian Anda.

Hati Anak Sapi

Hati anak sapi sangat banyak mengandung mikronutrisi. Vitamin B12 yang terkandung pada hati anak sapi yaitu 67,7 mcg. Cukup banyak bahkan dengan prosentasi pemenuhan vitamin B12 harian sampai 1.128%. Walaupun sangat banyak kadar vitamin B12-nya, hati anak sapi tidak populer untuk masakan orang Indonesia.

Daging Rusa

Kandungan daging rusa untuk takaran 4 ons sendiri adalah 3,47 mcg. Daging rusa sendiri merupakan sumber vitamin B12 yang sangat baik. Jika diukur dengan prosentase, daging rusa dapat memenuhi kebutuhan vitamin B12 sampai 58% perharinya. Selain itu juga mengandung vitamin B6, niasin, dan riboflavin yang sangat baik.

Udang

Dalam takaran 4 ons mengandung vitamin B12 sebanyak 1,69 mcg. Jika dengan prosentase maka telah memenuhi kebutuhan harian vitamin B12 sekitar 28,2%. Udang sendiri sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Dengan begitu sangat mudah memenuhi kebutuhan vitamin B12 dengan mengkonsumsi udang.

Kerang

Bahkan kerang dengan takaran 4 ons mengandung vitamin B12 sebanyak 1,47. Tidak banyak tempat makan atau restoran yang menyediakan makanan laut kerang. Karena kerang selain sulit dicari, juga memiliki masa kadaluarsa yang rendah dibandingkan hewan laut lainnya. Sehingga banyak yang mengaku mengalami kerugian dengan mengkonsumsi kerang. Apalagi jika telah kadaluarsa sedikit saja memakannya mengalami keracunan.

Sumber Vitamin B12 dari Tanaman

Sumber vitamin B12 dari tanaman sebenarnya tidak ada. Namun sumber makanan ini termasuk dari sumber makanan dari tanaman. Walau merupakan tanaman yang tidak umum atau produk olahan. Sumber vitamin dari tanaman yang mengandung B12 antara lain yaitu rumput laut, ganggang hijau biru, ragi, tempe dan tahu.

Rumput Laut

Rumput laut ternyata juga mengandung vitamin B12. Rumput laut sendiri diolah dalam makanan seperti agar-agar yang lebih digemari di Indonesia. Rumput laut ini memiliki banyak nutrisi. Seperti vitamin A, protein, vitamin B12, serat dan kalsium. Vitamin B12 sebenarnya dapat disintesis oleh mikroorganisme sehingga rumput laut mengandung vitamin B12 walau sedikit.

Ganggang Hijau Biru

Ganggang hijau biru juga mengandung vitamin B12. Selain itu tentu juga mengandung protein dan besi. Ganggang hijau biru ini bermanfaat untuk menurunkan berat bedan, ADHD, diabetes, kelelahan, stress, depresi, dan kecemasan. Sehingga sangat baik juga untuk dikonsumsi.

Tempe

Temper merupakan makanan yang bersumber dari kedelai. Namun merupakan makanan olahan. Vitamin B12 sebenarnya tidak ada didalam kacang kedelai. Bakterilah yang memfermentasikannya menjadi tempe dan membentuk vitamin B12. Pada tempe ini mengandung vitamin B12 sekitar 19 mcg. Saat diteliti lebih jauh di laboratorium atau dengan melakukan metode inokulasi jumlah vitamin B12 yang ada semakin bertambah. Yaitu sekitar 120 mcg vitamin B12. Sehingga dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tempat biasanya. Beruntunglah kita sebagai rakyat Indonesia dimana tempe merupakan makanan yang cukup mudah ditemukan karena telah diproduksi dari jaman dulu kala hingga sekarang.

Back to Top