Sumber Vitamin B3

Setelah mengenalkan sumber vitamin B1 ataupun vitamin B2, maka kali ini akan dibahas mengenai sumber vitamin B3. Sumber vitamin B kompleks ternyata banyak sekali terdapat pada sumber makanan alami. Begitu juga sumber vitamin B3 ini banyak terdapat di daging, ikan, unggas, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan juga susu. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca artikel kami ini yang membahas lebih jauh tentang sumber vitamin B3.

Daging

Daging merupakan sumber alami vitamin B3. Seperti daging rusa, hati domba, dan daging sapi. Daging sapi ini berperan dalam mencerdaskan otak. Karena selain vitamin B2, seperti vitamin B12, zat besi, omega 3 yang membantu kinerja otak menjadi lebih optimal. Kandungan gizi daging sapi inilah yang bermanfaat untuk mengantarkan energi, oksigen menuju otak sehingga respon otak terhadap lingkungannya semakin baik. Begitu juga hati domba. Banyak mengandung vitamin B3. Tentu bermanfaat mirip seperti daging sapi. Hati domba mengandung 13,702 mcg setiap 3 onsnya. Sedangkan untuk daging rusa, kandungan 3 ons daging rusa terdapat 9 mcg vitamin B3.

Ikan

Ikan juga merupakan daging yang banyak mengandung vitamin B3. Daging ikan seperti ikan salmon dan ikan tuna mengandung vitamin B3 cukup banyak. Salmon 3 ons mengandung vitamin B3 sebanyak 8,5 mcg. Sedangkan tuna 3 ons mengandung vitamin B3 sebanyak 11,3 mcg. Selain itu ikan ini juga banyak mengandung protein dan juga mengandung asam lemak yang lebih dikenal sebagai omega 3. Yang nutrisinya dapat mencerdaskan otak dan biasanya dijadikan produk olahan vitamin minyak ikan.

Daging Unggas

Daging unggas seperti daging ayam juga mengandung vitamin B3 yang cukup banyak. Apalagi daging ayam ini adalah makanan favorit di Indonesia dan tidaklah sulit menemukannya. Untuk itu juga daging ayam ini lebih terjangkau harganya daripada daging ikan maupun daging sapi. Namun tidak semua daging ayam mengandung vitamin B3, karena hanya dada ayam yang dibakar saja yang mengandung banyak vitamin B3. Lebit tepatnya untuk 3 ons daging ayam putih mengandung sekitar 13 mcg vitamin B3. Untuk ayam kampung mengandung 6 mcg vitamin B3 untuk kandungan 3 ons yang sama. Sedangkan untuk ayam kalkun mengandung 6,56 mcg vitamin B3 sebanyak 3 ons.

Sayuran

Sayuran seperti asparagus mengandung vitamin B3 juga yang cukup banyak. Asparagus dalam takaran 1 cangkir atau setara dengan 134 gram mengandung vitamin B3 sebanyak 1,31 mcg. Di Negara barat banyak sekali mitos bahwa penyebab urine berbau menyengat karena diri mengkonsumsi sayuran asparagus ini jika terlalu banyak. Ternyata tidaklah benar. Untuk mendapat kandungan nutrisi dan vitamin B3 ini lebih maksimal, penyajian dan cara memasak sayuran asparagus adalah dengan direbus. Walaupun bisa juga dihidangkan sepert  i salad (tidak direbus langsung dimakan), memasaknya/menggorengnya dengan minyak nabati (minyak goreng), atau memasaknya dalam bentuk omelet.

Buah-Buahan

Buah-buahan apa saja yang mengandung vitamin B3? Kita akan melihat pada buah mangga. Jenis buah mangga paling banyak ditanam di Indonesia. Karena baik dari bentuk maupun jenisnya dan rasanya. Untuk buah mangga dengan ukuran sedang, satu buah mangga tersebut terdapat vitamin B3 sebanyak 1,5 mcg. Mangga ini juga banyak mengandung vitamin E, vitamin A, vitamin C dan beta karoten. Mengkonsumsi buah mangga termasuk memenuhi kebutuhan vitamin B3 anda sehari-hari secara alami.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang almonds, biji mustard mengandung vitamin B3 juga loh. Kacang tanah misalnya, mengandung vitamin B3 setiap satu onsnya yaitu 3,8 mcg vitamin B3. Untuk kacang almond dengan kadar 3 ons mengandung vitamin B3 sebanyak 0,95 mcg. Sedangkan dalam biji mustard mengandung vitamin B3 sebanyak 0,9 mcg dalam takaran satu sendok makan. Biji-bijian atau kacang-kacangan ini dapat dikatakan yang mengandung vitamin B3 yang paling banyak yang bisa anda temukan. Sehingga pemenuhan untuk kebutuhannya bisa menggunakan kacang tanah jika kacang almonds dan biji mustard sulit untuk didapatkan.

Susu

Susu juga mengandung vitamin B3 yang baik untuk tubuh. Susu olahan terutama yang diproduksi dalam kemasan mengandung vitamin B3 secara jelas. Karena susu mengandung tryptophan yaitu asam amino yang dapat digunakan untuk memproduksi vitamin B3 bagi tubuh yang telah mengkonsumsi susu. Susu sekarang banyak sekali macamnya, seperti susu sapi, susu kedelai, susu kambing. Belum lagi susu olahan dan kemasan yang sudah dicampur dengan berbagai rasa seperti susu stroberi, susu coklat, bahkan sampai susu madu.

Mengkonsumsi sumber vitamin B3 secara alami diatas selain mampu memenuhi kebutuhan vitamin B3 tentu juga membantu tubuh dalam memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang lain yang dibutuhkan tubuh yang terkandung pada sumber makanan tersebut. Kekurangan vitamin B3 juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan seperti terjadinya lemah otot, kekurangan energi atau lemas tubuh, kehilangan nafsu makan. Jika sumber makanan vitamin B3 diatas tetap sulit anda penuhi dalam takaran sajian tepat dimana tubuh membutuhkan 14 sampai 16 mcg vitamin B3 setiap harinya (untuk takaran orang dewasa), berarti anda harus memenuhi konsumsinya dengan asupan suplemen vitamin B3 yang bisa anda beli di apotek.

Be the first to comment on "Sumber Vitamin B3"

Leave a comment