Sumber Vitamin B6 (Piridoksin)

Vitamin B kompleks kali ini yang akan dibahas adalah vitamin B6. Vitamin B6 disebut juga piridoksin. Vitamin B6 ini terdapat di banyak sayuran dan daging. Contoh sumber dari sayuran seperti paprika, bayam, lobak, bawang putih, kembang kol, sawi, jamur, jamur, asparagus, brokoli, kubis, kacang hijau, labu musim dingin, tomat, dan daun bawang. Dan sumber dari daging seperti ikan tuna, ikan kod, hati domba, kalkun dan salmon. Akan dibahas di artikel ini beberapa sumber vitamin B6 dan kandungan dosisnya pada makanan alami tersebut.

Apa Itu Vitamin B6

Vitamin B6 termasuk dari bagian vitamin B kompleks. Dimana vitamin B6 adalah vitamin yang larut dalam air. Bentuk aktif dari vitamin B6 adalah piridoksal fosfat. Berperan dalam metabolisme asam amino pada tubuh serta pelepasan glikogen dan glukosa. Selain itu juga berperan dalam deaminasi, dekarboksilasi, dan transaminasi. Piridoksin juga dikenal dengan nama piridoksamina.

Manfaat Vitamin B6

Manfaat vitamin B6 ternyata cukup banyak. Salah satunya yaitu memberikan efek positif terhadap neurologis manusia. Penyakit seperti kejang, depresi, lalu parkinson adalah masalah pada neurologis manusia. Sehingga vitamin B6 ini mampu memproduksi dopamine dan serotonin dimana sangat dibutuhkan dalam komunikasi syaraf. Sehingga dapat menjadi terapi bagi orang yang mengalami kelainan syaraf.

Manfaat lain yaitu vitamin B6 dapat menurunkan resiko seseorang terserang penyakit jantung dan rheumatoid arthritis. Gagal jantung, stroke, jantung koroner juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi banyak vitamin B6 secara berkelanjutan. Namun untuk masalah penuaan dini (anti aging) ternyata juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi vitamin B6.

Sumber-sumber Vitamin B6 Terbaik

Sumber vitamin B6 terbaik bisa dari daging, unggas, ikan, dan telur. Sedangkan makanan lain seperti sereal, biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Perlu diketahui bahwa kebutuhan vitamin B6 per hari untuk wanita dan pria dewasa adalah 1,3 mcg, untuk lanjut usia 1,5-1,7 mcg, untuk wanita hamil menyusui 1,9-2,0 mcg. Untuk anak-anak 0,3-1,2 mcg sesuai usianya.

Paprika

Kandungan vitamin B6 pada paprika adalah 0,27 mcg setiap sajian 1 cangkir atau 92 gram. Paprika adalah salah satu dari keluarga tanaman solanaceae nightshade yang berarti serumpun dengan cabe, cabe rawit, terong, tomat dan kentang.

Lobak

Kandungan vitamin B6 pada lobak adalah 0,08 mcg setiap sajian 1 cangkir. Berarti dalam konsumsi maksimal 2 mcg sehari lobak telah memenuhi setidaknya 4% vitamin B6 pada tubuh Anda. Vitamin B6 ini juga merupakan nutrisi untuk mengkonversi protein menjadi bentuk yang lebih sederhana.

Bayam

Kandungan vitamin B6 pada bayam adalah 0,44 mcg setiap sajian 1 cangkir masak dengan takaran 180 gram bayam. Bayam sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, untuk penangkal radikal bebas, sebagai pembangun otot tubuh, menyehatkan saluran pencernaan, serta masih banyak mengandung nutrisi lainnya yang tentu juga bermanfaat untuk tubuh.

Ikan Tuna

Kandungan vitamin B6 pada ikan tuna adalah 1,18 mcg setiap empat ons ikan tuna. Ikan tuna banyak ditemukan di perairan Indonesia. Biasanya ikan tuna lebih banyak di ekspor ke luar negeri karena memang orang barat menyukai ikan ini. Ikan ini lebih populer di Eropa dibandingkan di Indonesia.

Ikan Cod

Kandungan vitamin B6 pada ikan cod adalah 0,52 mcg setiap empat ons ikan cod. Ikan ini bukan berasal dari Indonesia dan biasanya ditemui dalam bentuk instan berupa minyak ikan cod. Minyak ikan cod juga banyak mengandung omega-3 yang berfungsi dalam membantu proses tumbuh kembang otak.

Salmon

Kandungan vitamin B6 pada ikan salmon adalah 0,8 mcg setiap 3 ons ikan salmon. Dalam ikan salmon ternyata juga terdapat vitamin B lainnya seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12. Selain itu ikan salmon juga banyak mengandung vitamin A. Ikan ini hidup di air tawar dimana saat usia ikan ini masih berupa telur dan ikan muda. Saat dewasa ikan ini akan hidup di laut.

Sawi

Kandungan vitamin B6 pada sawi adalah 0,09 mcg setiap satu cangkir sawi. Manfaat sawi adalah sebagai pencegah terjadinya osteoporosis. Kemudian bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah diabetes. Sawi juga mengandung niasin dimana dapat menurunkan resiko seseorang terserang penyakit jantung. Mengkonsumsi sawi juga dapat membuat Anda terhindar dari anemia.

Asparagus

Kandungan vitamin B6 pada asparagus adalah 0,12 mcg dalam takaran 1 cangkir. Manfaat asparagus antara lain sebagai antikanker, kaya akan antioksidan, anti aging atau penunda penuaan dini, serta sebagai diuretik alami. Mengkonsumsi asparagus dengan banyak manfaat tentu akan mendatangkan kesehatan alami pada tubuh.

Brokoli

Kandungan vitamin B6 pada brokoli adalah 0,16 mcg dalam takaran 1 cangkir. Manfaat dari  brokoli sendiri adalah menurunkan kolesterol, membantu detoksifikasi, mengontrol kadar gula darah, banyak mengandung vitamin selain vitamin B6 sehingga mencegah tubuh kekurangan vitamin. Selain itu manfaat brokoli adalah mengurangi dampak alergi pada tubuh. Sayuran ini berwarna hijau cerah sehingga mengundang orang untuk memakan sayuran ini.

Tomat

Kandungan vitamin B6 pada tomat adalah 0,14 mcg setiap takaran 1 cangkir. Tomat ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan nafsu makan, mencegah kanker prostat, dan mengobati lemah syahwat. Selain itu manfaat tomat adalah sebagai antioksidan bahkan bisa sebagai terapi kecantikan yaitu menghilangkan jerawat serta komedo di wajah.

Be the first to comment on "Sumber Vitamin B6 (Piridoksin)"

Leave a comment