Sumber Vitamin C (Asam Askorbat)


Identiknya vitamin C dengan buah jeruk memang sulit dihindari. Apalagi produk olahan seperti minuman bervitamin C juga banyak yang menggunakan buah jeruk sebagai media promosinya atau iklannya. Sehingga masyarakat sangat sedikit yang mengetahui buah atau sumber makanan apa saja yang mengandung vitamin C. Jika Anda belum tahu, bahwa pepaya, paprika merah, brokoli, kubis, stroberi, kiwi, kembang kol, jeruk, hati ayam, dan susu sapi ternyata mengandung vitamin C juga. Sumber makanan yang telah disebutkan merupakan sumber vitamin C terbaik karena kadar vitamin C yang dikandungnya lebih banyak dari sumber makanan lainnya. Pada artikel ini, akan dibahas lebih banyak tentang sumber makanan vitamin C agar Anda lebih mengenal dan dapat memilih sumber makanan vitamin C yang lebih alami.

Sayur-sayuran yang Mengandung Vitamin C

Ada brokoli, kembang kol, kubis, dan paprika merah. Seperti paprika merah yaitu tanaman sejenis cabai yang mana dulunya ditanam di Amerika. Buahnya yang besar dan warnanya tidak hanya merah, ada hijau dan kuning juga (seperti cabai). Ada yang mengatakan tanaman ini pedas, ada yang tidak tetapi manis. Buah ini bisa dibudidaya dimanapun. Bahkan kandungannya 100 gram paprika merah terkandung 190 miligram vitamin C. Kubis sendiri yaitu sayuran daun yang berbentuk bola. Kubis ini sendiri ditanam di Eropa pertama kali. Kubis sendiri ada 3 macam yang berwarna hijau pucat, hijau segar, dan keunguan. Dan banyak dibudidaya di daerah perbukitan atau pegunungan. Karena jika ditanam di dataran rendah, daun kubis tidak dapat berkembang maksimal dan mudah terserang penyakit.

Kubis sendiri dapat mencegah sariawan karena kandungan vitamin C dalam kubis 100 gram adalah 161 miligram vitamin C. Lalu ada juga brokoli yaitu tanaman sayuran yang termasuk kubis-kubisan dan sudah sejak lama di daerah laut Tengah dan masuk ke Indonesia setelah masa penjajahan. Brokoli ini murni hidup di cuaca yang dingin. Kemudian warnanya hanya satu yaitu hijau dan mirip dengan bunga kol. Brokoli yang baik dalam satu sajian sekitar 140 gram brokoli mengandung sekitar 130 miligram vitamin C. Nah, sekarang sudah paham kan sayuran apa saja yang mengandung vitamin C, sehingga kebutuhan vitamin C alami anda tidak hanya dari buah jeruk saja.

Buah-buahan yang Kaya Vitamin C

Buah yang banyak dengan vitamin C antara lain pepaya, stroberi, jeruk dan kiwi. Yang biasanya lebih dikenal memang buah jeruk yang mengandung vitamin C. Buah jeruk mengandung vitamin C 50 miligram setiap 100 gram buah jeruk. Jeruk pun banyak macamnya. Jeruk sendiri sudah lama tumbuh di Indonesia. Seperti jeruk bali, jeruk purut, dan jeruk nipis merupakan buah yang banyak tumbuh di Asia Tenggara. Sedangkan pepaya yaitu tanaman buah yang berasal dari Negara Meksiko yang sekarang sudah banyak ditanam di Indonesia. Pepaya adalah tanaman buah berumah tunggal sehingga ada tanaman yang jantan dan ada yang betina. Sedangkan yang betina lah yang menghasilkan buah. Dalam 100 gram buah pepaya mengandung 62 miligram vitamin C.

Buah selanjutnya yaitu stroberi. Buah ini paling banyak di hasilkan di Amerika serikat dan merupakan buah komoditi ekspor yang menguntungkan bagi Negara Amerika. Karena pertumbuhan ekspornya terus naik dari tahun ke tahun. Di Indonesia, buah ini sering dijumpai di daerah yang bersuhu dingin seperti di perbukitan jawab barat atau jawa timur. Kandungan vitamin C setiap 100 gram buah stroberi adalah 82 miligram. Terakhir buak kiwi. Buah ini dulunya bukan kiwi seperti sekarang tapi gosberi cina. Tapi karena banyak ditanam di Selandia Baru maka buah ini diganti namanya menjadi kiwi. Penamaannya diambil dari burung yang tidak bisa terbang yaitu kiwi. Jika dilihat buah kiwilah yang mengandung vitamin C lebih banyak dari buah jeruk. Untuk setiap 100 gram buah kiwi mengandung 100 miligram vitamin C.

Sumber Hewani Vitamin C

Tidak hanya pada buah dan sayuran, pada sumber makanan hewan pun terdapat vitamin C. Untuk hati ayam setiap 100 gram terkandung vitamin C sebanyak 33,8 miligram. Tidak ada keterangan lebih lanjut tentang sumber hewani ini yang mengandung vitamin C. Malah ada beberapa sumber artikel yang mengatakan untuk mengkonsumsi vitamin C beriringan dalam konsumsi daging-dagingan. Sehingga jumlah zat besi yang diserap dalam tubuh bisa maksimal.

Sumber Makanan Lain yang Banyak Mengandung Vitamin C

Buah yang masih mengandung vitamin C yang belum tercantum yaitu jambu biji, kelengkeng, melon, anggur, mangga, nanas, pisang dan alpukat. Kalau sayuran yang mengandung vitamin C selain yang telah disebutkan diatas seperti cabai rawit, bayam mentah, sawi, seledri dan mentimum. Seperti susu sapi juga mengandung vitamin C. Atau produk olahan lainnya seperti minuman bervitamin C dengan rasa buah-buahan atau susu olahan dengan rasa buah-buahan juga mengandung vitamin C.

Ternyata banyak kan sumber makanan alami yang mengandung vitamin C. Tidak harus dipenuhi dengan buah jeruk jika Anda tidak menyukai kecutnya jeruk. Masih bisa buah pepaya yang manis. Atau mengkonsumsi sayur-sayuran. Jadi, selamat menikmati khasiat vitamin C.

Back to Top