Teh Ternyata Terkandung Vitamin loh

Teh? Es teh? Teh hangat? Banyak dari masyarakat di Indonesia sangat mengenal minuman ini. Apalagi jika Anda sering makan diluar rumah, es teh merupakan minuman yang menambah rasa manis dengan harga murah daripada jenis minuman lainnya. Banyak yang menyepelekan teh ini. Dikarenakan memang dalam penyajiannya di warung-warung tempat Anda makan, teh tidak disajikan dengan takaran yang pas. Sehingga kadang rasa tehnya tidak ada dan hanya ada rasa gulanya saja. Walaupun begitu, ternyata, di dalam teh, terkandung vitamin. Ini dapat menyehatkan tubuh Anda tentunya.

Apa Saja Vitamin yang Terkandung dalam Teh?

Banyak orang hanya mengetahui khasiat teh karena mampu merilekskan tubuh. Serta menjadi minuman penenang dikala sedang santai bersama keluarga. Namun dengan takaran yang pas, teh ternyata memiliki kandungan vitamin yang bisa diserap oleh tubuh. Kandungan vitamin dalam teh yaitu vitamin C, vitamin E, vitamin K serta beta karoten. Perlu diketahui, karena teh ini yang biasanya kita minum tidaklah alami. Ada bahan pengawetnya juga. Lalu juga melalui proses yang cukup panjang agar bisa dinikmati dimana masuk ke dalam pabrik dan disebarkan serta dalam proses penyimpanan. Sehingga kandungan vitamin C dan vitamin E cenderung berkurang drastis. Namun kandungan vitamin K-nya tetap banyak.

Kandungan vitamin C 150-250 mg%. Lalu kandungan vitamin E 25-75 mg%. Kandungan vitamin K 300-500 UI per gramnya serta beta karoten terkandung 13-20 mg%. Kandungan ini jelas berbeda-beda tergantung dari produk/merek serta bobotnya. Jika Anda sanggup membeli dengan daun teh yang asli baru dipetik, maka kandungan vitaminnya tidak terlalu banyak berkurang dibandingkan dengan kandungan vitamin pada teh kemasan.

Beberapa Manfaat Meminum Teh

Selain vitamin, kandungan mineral juga terkandung di dalam teh. Sehingga manfaat teh sebagai minuman cukup besar. Berikut beberapa manfaat teh untuk kesehatan tubuh.

  • Menurunkan resiko penyakit jantung. Di dalam teh, terdapat intake flavonoid dimana merupakan zat yang mencegah seseorang terkena penyakit jantung dan sejenisnya yang berkaitan dengan jantung. Sistem kerja zat ini adalah melakukan pencegahan penyerapan kolesterol dan penumpukan pada pembuluh darah jantung. Sehingga pembuluh darah tidak tersumbat.
  • Menurunkan berat badan. Berat badan memang menjadi suatu masalah, apalagi bagi wanita yang cenderung memperhatikan penampilan. Teh mengandung zat dimana mampu meningkatkan adanya pembakaran energi serta protein dan lemak yang mengakibatkan berat badan bisa turun. Terutama jika mengkonsumsi teh hijau.
  • Mencegah penyakit berhubungan dengan tulang. Seperti osteoporosis. Dimana tulang mengalami pengeroposan. Teh mengandung suatu zat, dimana zat tersebut mirip seperti esterogen yang membantu tulang tidak mengalami pengeroposan dengan cepat. Ini telah dibuktikan penelitian di Inggris.

Dari beberapa manfaat diatas, jelaslah bahwa teh merupakan minuman yang sehat dan menyehatkan untuk diminum. Namun Anda harus sering menyikat gigi. Biasanya bagi mereka yang mengkonsumsi teh dengan kadar kepekatan tinggi dapat menyebabkan gigi berwarna kecoklatan. Banyak juga peneliti mengatakan mengkonsumsi teh tidak baik jika diiringi dengan makan. Karena teh mencegah zat lain diserap ke dalam tubuh. Untuk itulah konsumsi minuman teh tidak disaat sedang makan. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat minuman teh dengan lebih maksimal, maka Anda bisa membeli teh yang tidak kemasan pabrikan. Atau mencoba teh hijau asli dari jepang. Walau bermanfaat baik, lebih baik tidak dikonsumsi berlebihan. Dampat efek samping memang belum dijelaskan secara maksimal, namun variasi minuman yang Anda minum juga lebih baik.

Be the first to comment on "Teh Ternyata Terkandung Vitamin loh"

Leave a comment