Tingkatkan Nafsu Makan, Bukan Berarti Kegemukan


Meningkatkan nafsu makan itu perlu. Ya, Anda tidak mau kan tubuh Anda terlihat terlalu kurus. Sehingga pakaian apapun yang Anda kenakan terkesan terlalu besar. Lantas Anda memaksa diri untuk meningkatkan nafsu makan, dengan konsumsi obat tertentu atau vitamin tertentu. Atau Anda ingin melihat anak Anda tumbuh sehat dengan nafsu makan yang baik tapi tidak ingin sampai menimbulkan kegemukan. Banyak asumsi tentang nafsu makan dan kegemukan. Sehingga banyak juga yang akhirnya membiarkan saja masalah nafsu makan ini pada mereka atau anak mereka yang mengakibatkan tubuh tidak berkembang optimal.

Konsumsi Vitamin Sejak Dini

Sekarang mulai banyak suplemen vitamin untuk anak. Seperti sirup dan tablet yang bisa dihisap/emut. Sehingga banyak anak-anak yang sekarang menyukai suplemen bervitamin. Lalu apakah itu aman? Tentu aman, biasanya ditemui multivitamin penambah nafsu makan seperti temulawak. Namun ada suplemen lain. Karena sebenarnya suplemen vitamin adalah kandungan dari sayuran dan buah-buahan hanya saja produk sintetis yang diisolasi menggunakan zat kimia tertentu.

Lalu bagi orang dewasa biasanya diberi obat yaitu Pronicy dan Deksametason. Dimana obat tersebut dapat dikonsumsi dengan jumlah tertentu namun memiliki efek samping yang cukup signifikan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering. Dan dengan banyaknya penambah nafsu makan yang dijual di apotek, lebih baik dikonsultasikan dulu ke dokter Anda. Terutama untuk anak Anda usia dini. Terutama sejak usia 2 tahun, segerakan konsultasikan ke dokter. Pertama tentu karena adanya hal psikologis pada anak sehingga anak tidak mau makan. Seperti rasanya yang tidak enak karena ibunya tidak memasaknya dengan benar, lalu warnanya juga tidak menarik. Kedua memang karena sang anak sedang sakit. Sehingga penyembuhan lebih diutamakan sebelum pemberian suplemen vitamin. Kemudian beberapa vitamin dan zat kimia berikut ini dapat Anda konsumsi untuk penambah nafsu makan Anda.

Vitamin dan Zat Kimia Penambah Nafsu Makan

Lalu selain B Kompleks, vitamin apa saja yang sebaiknya dikonsumsi? Misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, provitamin B5, provitamin A, dan prebiotik. Akan kami bahas satu-satu vitamin ini dan fungsinya dalam penambah nafsu makan. Terutama untuk vitamin B kompleks, dimana fungsi utamanya adalah sebagai konversi protein dan karbohidrat menjadi energi. Semakin banyak energi yang dihasilkan, maka tubuh akan cepat merasakan lapar dan nafsu makan pun bertambah. Sedangkan vitamin A dan provitamin A digunakan sebagai pelengkap untuk menjaga kesehatan mata. Sedangkan prebiotik digunakan untuk menjaga kualitas bakteri baik dalam usus sehingga bakteri jahat dalam usus bisa dikeluarkan. Akibatnya kesehatan nafsu makan akan meningkat. Selain itu ada juga zat seperti lisin dan kurkuma yang dapat membantu menambah nafsu makan Anda.

Dengan begitu, Anda juga diharuskan ke dokter untuk mendapatkan multivitamin yang tepat. Jika dirasa Anda sudah paham multivitamin penambah nafsu makan, tentu terapi selanjutnya adalah variasikan buah dan sayurnya, sehingga Anda nantinya akan terbiasa dalam mengkonsumsi makanan sehat. Multivitamin yang telah disebutkan diatas tidak terpengaruh dengan usia saja, baik anak-anak maupun dewasa dapat mengkonsumsinya. Hanya saja kontrol tepat menggunakan suplemen vitamin itu harus dilakukan. Lihat durasi pemakaian, karena terlalu lama menggunakan obat penambah nafsu makan juga dapat memicu efek samping lainnya seperti alergi. Semoga Anda dapat menambah wawasan baru dengan artikel ini.

More from Vitamin A - Retinol
Back to Top