WIKIVITAMIN.COM

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin & mineral

10 Makanan yang Mengandung Vitamin B2


Makanan yang banyak mengandung vitamin B2 atau riboflavin ternyata banyak sekali. Seperti jamur, bayam, susu, kedelai, telur, hati, kacang almond, keju, ikan, tomat. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B2, mampu mencegah berbagai penyakit. Seperti sariawan, bibir pecah-pecah, kulit bersisik dan kering. Lalu penyakit penglihatan kabur, turunnya imunitas tubuh serta pertumbuhan tubuh bisa terganggu. Mengkonsumsi makanan bervitamin B2 mampu membuat tubuh menjadi lebih fit karena energi yang dihasilkan untuk aktivitas menjadi lebih banyak. Ayo kita kenali makanan apa saja yang banyak mengandung vitamin B2 di artikel ini.

Kandungan Vitamin B2 pada Jamur

Pertama tentu adalah jamur. Tanaman yang satu ini memang menjadi budidaya yang sangat banyak di Indonesia dan menjadi tanaman komoditi yang diperjual belikan. Sehingga menemukannya sudah tidak sesulit dulu. Kandungan vitamin B2 pada 100 gram jamur adalah 0,31 mcg. Jamur sendiri bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, antibakterial, antitumor, sehingga mampu untuk dimanfaatkan dalam pengobatan lever, anemia, diabetes, dapat juga menurunkan berat badan. Jadi jangan enggan mengkonsumsi jamur. Karena jamur sudah lebih enak dihidangkan dalam masakan seperti sambal, sup, nasi goreng, dan lainnya.

Kandungan Vitamin B2 pada Bayam

Bayam merupakan sayuran favorit yang sering ada dalam masakan Indonesia. Bayam ini adalah sayuran yang berasal dari Amerika serikat. Sayuran ini sebelum dikonsumsi lebih banyak dikenal sebagai tanaman hias disana. Sedangkan kandungan vitamin B2 pada bayam adalah 0,189 mcg setiap 100 gram bayam. Selain mengandung vitamin B2 yang baik, bayam mengandung vitamin K dimana fungsinya lebih efektif dibandingkan vitamin E pada sayuran ini. Sehingga bayam memiliki manfaat sebagai perawatan kulit, anti penuaan dini, serta membuat kulit tampak lebih indah.

Kandungan Vitamin B2 pada Susu

Kandungan pada susu memang mengandung vitamin B2. Seperti susu sapi, susu kedelai. Pada susu sapi, vitamin B2 bermanfaat dalam membantu memperbaiki penglihatan pada mata. Kandungan vitamin B2 pada susu kedelai 250 ml adalah 0,1 mcg. Sedangkan kandungan vitamin B2 pada susu kedelai rendah lemak adalah 11 mcg. Walaupun rasanya yang memang berbeda dengan susu sapi pada alaminya, susu kedelai sendiri kini sudah banyak menggantikan susu sapi. Bahkan dengan kandungan gizi yang tidak kalah dengan susu sapi.

Kandungan Vitamin B2 pada Kedelai

Kacang kedelai juga memiliki kandungan gizi terutama vitamin B2 yang baik. Kandungan vitamin B2 pada kacang kedelai 100 gram ini adalah 0,76 mcg. Manfaat kacang kedelai ini banyak. Sudah dikenal di Indonesia sebagai makanan murah meriah kaya akan gizi. Seperti tempe dan tahu merupakan makanan dengan bahan dasarnya kacang kedelai. Bahkan kacang kedelai bisa dipadukan menjadi susu kedelai.

Kandungan Vitamin B2 pada Telur

Kandungan telur terutama telur ayam yang direbus dengan kandungan 100 gram adalah 0,5 mcg. Telur merupakan makanan yang paling digemari di Indonesia. Biasanya menjadi sarapan di pagi hari. Telur ayam memang banyak ditemui dimanapun. Untuk itu tidaklah sulit memnuhi kebutuhan vitamin B2 dengan telur ini. Bahkan kandungan gizinya lebih lengkap dibandingkan daging dan susu. Selain itu telur juga bermanfaat untuk mengatasi kekurangan zat besi.

Kandungan Vitamin B2 Pada Hati

Kandungan vitamin B2 pada hati 100 gram yaitu 4,6 mcg. Sangat banyak untuk ukuran vitamin B2 yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Hati ini bisa hati ayam, sapi atau kambing. Walaupun bermanfaat dan mengandung vitamin B2 yang tinggi, tidak dianjurkan memakan hati daging ini dalam keseharian. Karena mengandung kolesterol yang tinggi pula dalam setiap hati.

Kandungan Vitamin B2 pada Kacang Almond

Kacang almond mengandung vitamin B2 sebanyak 1,01 mcg dalam takaran 100 gram. Manfaat kacang almond sendiri adalah sebagai penurun kolesterol, menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, menjaga kesehatan tulang dan menjaga kecantikan. Kacang almond di jaman sekarang ini lebih banyak digunakan untuk bahan dasar dalam pembuatan coklat.

Kandungan Vitamin B2 pada Keju

Keju yang merupakan makanan olahan dari susu juga banyak mengandung vitamin B2. Kandungan vitamin B2 pada keju sendiri dalam 100 gram yaitu 0,163 mcg sampai 0,382 mcg tergantung jenis dari keju tersebut. Keju yang sekarang ini dikemas dalam bentuk modern memiliki beberapa manfaat. Keju dapat menjaga fungsi-fungsi syaraf tubuh, kemudian dapat sebagai pembentukan tulang dan gigi, lalu mampu meredakan stress serta insomnia.

Kandungan Vitamin B2 pada Ikan

Pada ikan juga mengandung banyak vitamin B2. Dengan demikian tentu banyaknya jenis ikan membantu anda memenuhi kebutuhan akan vitamin B2. Seperti ikan kembung yang memiliki kandungan vitamin B2 sebanyak 0,54 mcg dalam 100 gramnya. Lalu ikan salmon mengandung vitamin B2 sebanyak 0,49 mcg dalam 100 gramnya. Sedangkan ikan forel mengandung vitamin B2 sebanyak 0,42 mcg dalam 100 gramnya. Walaupun ikan lainnya juga banyak mengandung vitamin B2, namun ikan-ikan ini lebih banyak ditemui di lautan amerika dan eropa.

Kandungan Vitamin B2 pada Tomat

Kandungan vitamin B2 pada tomat 100 gram adalah 0,49 mcg. Tomat lebih banyak digunakan dalam bumbu masakan, pizza, atau masakan lainnya. Sekarang menemukan tomat olahan pun dalam bentuk botos saus, cabe, telah dapat ditemukan. Sehingga kebutuhan akan tomat sehari-hari pun tidak akan terkurangi asal dipenuhi.

Back to Top