Vitamin B1 (Thiamin) dan Ibu Hamil

Ternyata vitamin B1 bermanfaat juga bagi kesehatan Ibu hamil. Walaupun lebih banyak asam folat lah yang memiliki peran yang banyak tentang kesehatan ibu hamil, namun vitamin B1 juga bermanfaat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Sumber makanan yang mengandung vitamin B1 pun banyak bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, baik dari sayuran, kacang-kacangan, daging sampai makanan bersuplemen vitamin yang bisa dibeli dipusat perbelanjaan dimana saja sekarang ini. Sehingga kebutuhan kandungan gizi bayi calon bayi sangat tercukupi. Hal ini tentu akan mengurangi resiko bayi lahir cacat nantinya, sehingga menekan juga angka kematian pada bayi.

Apakah Vitamin B1 Dibutuhkan Bagi Ibu Hamil?

Pertanyaan ini cukup banyak ditanyakan banyak orang, biasanya pertanyaan berupa, “vitamin apa saja yang dibutuhkan bagi ibu pada masa kehamilannya? agar bayi yang lahir bisa tumbuh dengan sehat”. Ternyata salah satunya vitamin B1 lah yang dapat menyehatkan ibu hamil. Pada prinsipnya sama, bahwa vitamin B1 adalah berfungsi untuk mengubah karbohidrat yang telah masuk ke dalam tubuh menjadi energi. Untuk itulah fungsi ini juga bermanfaat untuk ibu hamil. Yaitu saat vitamin B1 masuk ke dalam tubuh, maka akan menghasilkan energi baru bagi si bayi sehingga memungkinkan untuk perkembangan otak, otot, sistem saraf dan perkembangan organ lainnya di dalam tubuh. Sehingga bayi Anda akan tumbuh optimal nantinya setelah lahir.

Perkembangan Organ Tubuh Bayi

Karena saat seseorang kekurangan vitamin B1 mengalami penyakit yang umumnya dinamakan beri-beri, maka bayi pun jika kekurangan vitamin B1 bisa terserang penyakit ini. Perkembangan organ tubuh bayi terutama pada sistem saraf penting dengan adanya konsumsi vitamin B1. Kemudian penyakit beri-beri ini nantinya akan mempengaruhi bahwa otak termasuk kenormalan sistem saraf. Selain itu, organ bayi yang berkembang seperti organ gerak (normalitas gerak kaki dan tangan). Lalu ada juga organ penting seperti jantung dan hati yang berkembang setelah mengkonsumsi vitamin B1 atau thiamin ini. Sehingga tidak perlu menunggu bayi Anda mengalami gejala penyakit yang bisa menjadikan perkembangan organ tubuhnya buruk, jadi konsumsilah vitamin B1 sejak awal.

Perkembangan Otak dan Sistem Saraf Bayi

Setelah dijelaskan diatas organ apa saja yang bisa berkembang dengan konsumsi vitamin B1 dari ibu hamil, tentu perkembangan otak dan sistem saraf bayinya adalah manfaat yang utama dari vitamin B1 ini. Pada saat bayi lahir, tentu tubuh dan aktivitasnya diatur oleh otak dan sistem saraf tidak sadar (auto) sehingga seperti sistem pernafasan, sistem pembuangan air, sistem makan dan rasa lapar semua dikendalikan oleh otak dan sistem sarafnya. Sehingga jika hal ini terganggu, maka bayi pun akan mengalami gangguan dalam aktifitasnya, biasanya sakit, demam dan lainnya.

Vitamin B1 ini lah yang berperan mengoptimalkan otak dan sistem saraf bayi. Sehingga hal-hal yang seharusnya normal yang telah disebutkan sebelumnya bisa optimal. Karena penyakit kram otot, sesak nafas, sulit tidur, sakit kepala, erat kaitannya dengan otak dan sistem saraf yang berkembang tidak optimal. Untuk itu konsumsi vitamin B1 penting bagi ibu hamil.

Makanan Sumber Vitamin B1

Makanan sumber vitamin B1 ada banyak sekali. Yaitu roti, gandum, daging ikan, kacang polong, lalu ada buah, sayuran, dan susu yang juga mengandung thiamin. Misalnya saja pada sumber makanan berikut ini,

  • 3/4 cup gandum sereal (seperti Total): 1,5 mg
  • 1 cangkir nasi putih: 1,2 mg
  • 3 ons daging babi tenderloin ramping: 0,8 mg
  • 3 ons ikan kuwe Florida: 0,7 mg
  • 3 ons ham steak yang tanpa tulang: 0,6 mg
  • 1/2 cangkir oat: 0,6 mg
  • 1/4 cangkir gandum: 0,5 mg
  • 1 cangkir mie bayam: 0,4 mg
  • 1/4 cangkir kacang Brazil: 0,4 mg
  • 1/4 cangkir kacang pecan: 0,4 mg
  • 3 ons ikan salmon: 0,3 mg
  • 3 ons ikan rainbow trout: 0,3 mg
  • 1/2 cangkir kacang polong split dimasak: 0,2 mg
  • 1/2 cangkir dimasak lentil: 0,2 mg
  • 1 cangkir dimasak beras merah: 0,2 mg
  • 1/2 cangkir kacang polong masak: 0,2 mg

Dari berbagai sumber makanan diatas, sangat banyak yang mengandung vitamin B1 atau thiamin sehingga sangat jelas bahwa kebutuhan akan thiamin bisa dioptimalkan bagi ibu hamil.

Perlukah Ibu Hamil Menggunakan Suplemen Vitamin B1?

Perlukah? Jawabannya tergantung. Coba kunjungi dokter kehamilan di kota Anda. Tanyakan tentang penggunaan suplemen vitamin B1 diharuskan atau tidak. Karena kebutuhan vitamin B1 bagi ibu hamil perhari adalah 1,4 mg per hari. Dengan daftar makanan diatas dan mengkonsumsi nasi putih saja seharusnya sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin B1 dalam tubuh. Namun jika ternyata tubuh tidak mampu dalam menyerap vitamin B1 ini karena kelainan fungsi tubuh ibu hamil dan sejenisnya, langsung konsultasikan ke dokter. Perlu atau tidak? Jika dalam keadaan normal, seharusnya tidak perlu. Namun jika ibu hamil ini sakit, kurang cairan, perlu untuk pemberian vitamin B1 suplemen ini.

Gejala Kekurangan Vitamin B1

Lalu adakah gejala kekurangan vitamin B1? Tentu, baik bagi orang pada umumnya atau ibu hamil, gejala ini sama. Yaitu sakit kepala, kelelahan, dan mual. Kekurangan yang parah, juga disebut beri-beri, menyebabkan kesulitan berjalan nantinya pada ibu ataupun bayi yang lahir, kehilangan indra perasa di tangan dan kaki, hilangnya fungsi otot atau kelumpuhan kaki bagian bawah, kebingungan mental atau linglung bagi penderitanya, kesulitan berbicara (sistem saraf bicara tidak berkembang maksimal), peningkatan denyut jantung, dan sesak napas saat beraktifitas, Untuk itu, manfaat vitamin B1 sangat penting, jangan sepelekan vitamin B1 untuk konsumsi ibu hamil.

Be the first to comment on "Vitamin B1 (Thiamin) dan Ibu Hamil"

Leave a comment