Vitamin B3 – Produksi Estrogen Meningkatkan Libido Wanita


Selain vitamin B3 dapat mengobati disfungsi ereksi pada pria, ternyata vitamin B3 juga mampu meningkatkan produksi estrogen pada wanita sehingga meningkatkan libido saat berhubungan seksual. Karena bermanfaat bagi pria dan wanita dalam hal seksualitas, maka vitamin B3 saat ini menjadi pengganti obat kimia. Sehingga membantu mereka yang mengalami masalah rumah tangga terutama masalah hubungan intim. Pada artikel ini akan membahas secara khusus tentang pengaruh vitamin B3 terhadap produksi estrogen dan meningkatkan libido wanita.

Vitamin B3

Vitamin B3 disebut juga niasin. Merupakan vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh manusia. Vitamin ini dibutuhkan tubuh dengan dosis minimal 5 mcg perhari sampai 15 mcg perhari. Lalu dosis maksimal perhari adalah 400 mcg perhari. Karena vitamin B3 ini vitamin larut air dan merupakan vitamin B kompleks, maka saat konsumsi over dosis, kelebihan vitamin akan larut melalui urin dan dibuang saat buang air kecil.

Vitamin B3 ini ditemukan pada tahun 1937, yang mana pada saat itu fungsinya sebagai obat pellagra. Baru pada tahun 1956 inilah vitamin B3 digunakan sebagai obat penurun kolesterol pertama kali. Sehingga mampu mencegah dan mengurangi resiko dari serangan jantung. Walaupun penggunaannya dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL namun penggunaan berlebihan dapat mengakibatkan gagal hati. Untuk itu penggunaan berlebih diharuskan dengan anjuran dokter. Dalam perkembangannya, vitamin B3 juga mampu meningkatkan hormon esterogen pada wanita.

Vitamin B3 (Niasin) Meningkatkan Produksi Estrogen

Apa itu libido? Kadang orang lain membicarakan hal ini namun tidak paham artinya. Libido berarti gairah seksual. Namun banyak yang mengartikan bahwa libido merupakan keinginan psikologi dari seorang wanita. Sehingga baik tingkat libido pada wanita sedang tinggi atau rendah tergantung dari pikirannya sendiri. Namun penelitian mengatakan bahwa kurangnya asupan makanan bergizi terutama vitamin B3 dan B6 menyebabkan wanita kehilangan tingkat produksi dari estrogen itu sendiri. Hasilnya wanita tersebut menjadi tidak bergairah untuk berhubungan seksual.

Sama halnya dengan penggunaan niasin pada pria untuk mengatasi disfungsi ereksi, yaitu untuk melancarkan aliran darah yang mengalir ke organ seksualnya. Begitupun pada wanita. Pengaturan sel darah merah, pembentukannya menjadi optimal dengan konsumsi vitamin B3. Karena metabolisme protein dan lemak dalam tubuh menjadi maksimal setelah mengkonsumsi vitamin B3, sehingga pengaktifan hormon estrogen pada wanita pun dapat berjalan optimal. Sehingga fungsi seksualitasnya pun tidak terganggu. Lalu vitamin B3 juga membantu dalam pengontrolan prolactin dan peningkatan libido. Bagi wanita yang sulit mengalami libido, vitamin B3 ini cukup penting untuk dikonsumsi agar hubungan suami istri dapat terjalin dengan baik. Karena rumah tangga bisa rusak hanya karena masalah hubungan suami istri tidak optimal sebagaimana mestinya.

Estrogen dan Gairah Wanita

Karena estrogen merupakan hormon “keinginan” dalam hal seksualitas tentu berkaitan dengan gairah wanita atau dinamakan juga hormon seks wanita. Bedanya dengan siklus menstruasi dimana hormon estrogen menurun sehinga wanita cenderung tidak bergairah atau bahkan tidak bergairah sama sekali dalam siklus menstruasi. Namun saat mencapai masa hari ovulasi yaitu dalam siklus 5 hari setelah menstruasi maka libido wanita akan meningkat. Selain itu hari menjelang haid 2-3 hari menjelang haid juga dapat memicu estrogen dan gairah wanita. Sehingga dalam pencapaian libido wanita perlu dipicu dengan vitamin B3.

Vitamin B3 ini akan menciptakan hormon estrogen secara teratur. Tentu hal ini juga berdampak pada masa menstruasi teratur dari wanita. Sehingga libido yang terjadi pun juga tepat dijadwalkan yaitu setelah menstruasi atau sebelum menstruasi. Perlu diingat juga homon estrogen selain tentu dapat dipicu dengan vitamin B3, tentu ada faktor lain yang mempengaruhinya. Seperti usia, dimana usia menopause adalah usia wanita hormon estrogennya menurun drastis, lalu gangguan keinginan pada wanita seperti stress, banyak pikiran, pengaruh obat-obat penenang, kelelahan dapat menurunkan kadar estrogen dalam tubuh. Sehingga perlu diatur kembali tentang konsumsi vitamin B3, keinginan libido wanita, serta pengertian dari suami dalam berhubungan seksual (terjadwal) sehingga memungkinkan istri mendapatkan gairah seks yang tepat.

Sumber Alami Vitamin B3

Sumber alami vitamin B3 bagi Anda yang merasa butuh untuk memacu hormon seksual sehingga mengharmoniskan hubungan suami istri, maka dengan mudah mengkonsumsi makanan alami seperti:

  • ikan
  • daging ayam, sapi, kambing
  • telur
  • susu dan produk olahannya
  • kacang-kacangan
  • sayur-mayur
  • serta buah-buahan

Karena ada takaran pastinya dalam sejumlah makanan alami tersebut yang mengandung vitamin B3, sayangnya kebiasaan orang Indonesia tidak menakar jumlah dalam 100gram atau segelas cangkir setiap sumber makanan alaminya. Sehingga kebiasaan makan bisa mengakibatkan kelebihannya vitamin B3 atau malah kekurangan. Mudahnya, luangkan waktu Anda untuk makan makanan alami diatas, buatlah jadwal makan makanan yang mengandung vitamin B3 itu. Sehingga nantinya Anda bisa mengontrol diri Anda adakah perubahan berarti dalam waktu konsumsi sebulan tersebut, apakah hormon estrogen Anda meningkat sejalan meningkatnya dengan gairah seksual Anda? Periksalah ke dokter untuk mengetahui kadar vitamin B3 dalam darah Anda dengan pola makan seperti itu. Sehingga Anda bisa mengontrol sendiri kebutuhan vitamin B3 dalam tubuh Anda.

More from Vitamin B3 - Niasin
Back to Top