Vitamin D Rendah Berakibat Karies Pada Gigi

Gigi keropos banyak sebabnya. Seperti banyak makan makanan yang manis, merokok, kurangnya bersikat gigi, sampai kurangnya mengkonsumsi kalsium untuk tubuh. Studi baru menunjukkan bahwa vitamin D berperan potensial dan sangat penting untuk mencegah terjadinya pengeroposan gigi. Bahkan dalam studi penelitian yang telah di data sejak tahun 1920 sampai 1980 bahwa uji klinis terkontrol yang melibatkan 3000 anak-anak diberbagai Negara menghasilkan berkurangnya resiko karies gigi 50% setelah mengkonsumsi vitamin D.

Sejarah Vitamin D dan Kesehatan Gigi

Penelitian akan vitamin D dan kesehatan gigi pun berlanjut. Disimpulkan oleh Dr Philippe Hujoel dari Universitas Washington bahwa pro dan kontra antar ilmuwan dalam penggunaan vitamin D untuk menjaga kesehatan gigi tidaklah sebanyak pada vitamin yang lain. Ini dikarenakan nilai sejarah penggunaan vitamin D untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang cukup berperan penting. Sehingga tidak ada perdebatan penggunaannya dalam mengurangi resiko pengeroposan tulang dan gigi.

Penelitian berlanjut, menurut Hujoel bahwa tidak terdapat keterkaitan erat antara vitamin D dengan karies gigi walaupun didukung bukti penggunaannya pada beberapa tahun belakangan ini. Dinyatakan kesimpulan itu tidak cukup tepat. Karena dengan pengecekan sinar UV serta tambahan zat lain ke dalam tubuh mempengaruhi vitamin D terhadap karies gigi. Lalu uji klinis pun dilakukan kembali yaitu dilakukan di Amerika serikat, Inggris, Kanada, Austria, Selandia Baru, dan Swedia. Subjek penelitian adalah anak-anak dan remaja antara usia 10 tahun sampai 16 tahun. Penelitian itu pun akhirnya menyimpulkan bahwa masih pentingnya vitamin D dalam kesehatan gigi.

Menyikapi Fakta Penelitian Vitamin D dan Kesehatan Gigi

Walaupun fakta penelitian telah menjadi kabar baik yang menggembirakan, namun Hujoel sendiri mengatakan bahwa harus tetap berhati-hati dalam temuan menggembirakan ini. Karena setiap penelitian memiliki kelemahan. Kelemahan pada penelitian bahwa ternyata faktor karies gigi tidak hanya kekurangan vitamin D saja. Faktor lain seperti diet rendah karbohidrat, penggunaan antibiotik, bahkan penyakit mulut lainnya pun mempengaruhi karies pada gigi.

Selain itu beberapa hal terkait dengan penggunaan pasta gigi, sikat gigi, dan pola makan dan minum juga mempengaruhi karies gigi. Tidak hanya sebatas pada kurangnya vitamin D saja. Vitamin D sebenarnya bermanfaat untuk gigi karena mampu mengikat kalsium yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga pemenuhan vitamin D saja tidaklah cukup. Perlu diimbangi dengan pemenuhan kalsium. Kalsium sendiri bisa didapatkan pada produk susu, keju, dan produk susu lainnya.

Tips dan Saran Mencegah Karies Gigi

Pertama tentu penuhi kebutuhan vitamin D serta kalsium untuk tubuh anda. Karena kalsium dan vitamin D memiliki peran erat dalam menguatkan tulang dan gigi. Mencegah karies gigi pun dapat dilakukan akhirnya. Lalu yang kedua hindari penggunaan makanan dan minuman yang mengandung gula alami ataupun buatan secara berlebihan. Karena konsumsi berlebihan terhadap gula, seperti makanan buatan yang mengandung gula buatan, lalu minuman bersoda, mampu merusak kekuatan dari gigi itu sendiri. Selain itu makanan alami bergula juga dijauhi. Yaitu makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Tubuh memang butuh karbohidrat tapi tidak berlebihan.

Lalu untuk mengetahui kekurangan vitamin D biasanya terjadi karena asupan harian vitamin D tidak memadai. Asupan vitamin D harian 600 UI untuk orang dewasa. Lalu kurangnya paparan sinar matahari di pagi hari. Gangguan penyerapan di tubuh karena lemak dan efek samping obat. Penuhilah vitamin D sekarang untuk menjaga kekuatan gigi.

referensi : http://www.sciencedaily.com/releases/2012/11/121127130321.htm

Be the first to comment on "Vitamin D Rendah Berakibat Karies Pada Gigi"

Leave a comment